Danlanud El Tari Kupang Duga Ada Bekingan Di Bandara

ZONALINENEWS-KUPANG, – Keberangkatan Calon Tenaga Kerja Ilegal (CTKI) kembali marak terjadi di Kota Kupang. Salah satu jalur empuk yang sering dilewati yakni Bandar Udara El Tari Kupang.

Kapten Penerbang Andi Wijaya

Kapten Penerbang Andi Wijaya

Komandan Pangkalan TNI AU El Tari Kupang , Kapten Penerbangan Andi Wijaya kepada wartawan di pangkalan TNI-AU El Tari Kupang, Rabu 11 Maret 2014 mengatakan keberangkatan CTKI melalui Bandar Udara El Tari Kupang kembali terjadi beberapa bulan terakhir ini, karena diduga kuat ada bekingan di Bandar Udara El Tari Kupang.

Menurutnya, jika tidak ada yang membekingi para CTKI ini, bagaimana mungkin mereka melakukan check in di Bandara serta mendapatkan tiket. Bukan saja itu, saat inipun pihaknya belum mengetahui siap yang membantu mereka melakukan check ini Bandar Udara El Tari Kupang. Pasalnya, para CTKI ini, tidak pernah melakukan check in di Bandara,. Check in dilakukan oleh orang lain. Sehingga para CTKI ini ketika mendatangi Bandara langsung menuju ruang tunggu tanpa melakukan check ini lagi.

“Saya menduga di Bandara El Tari Kupang, para CTKI ini dibekingi oleh oknum-oknum tertentu. Karena para CTKI tidak pernah melakukan check. Check in sudah dilakukan oleh orang lain, “ kata Andi.

Dijelaskannya, Bandara El Tari Kupang merupakan salah satu jalur udara yang sering dilewati oleh para CTKI. Namun keberangkatan para CTKI ini tidak melalui prosedur yang resmi namun dilakukan secara illegal. Untuk itu, pihaknya akan melakukan penjagaan secara ketat di Bandara El Tari Kupang.

Dirinya membantah jika ada anggota TNI-AU El Tari Kupang yang turut serta membekingi para CTKI untuk diberangkatkan secara illegal melalui Bandara El Trai Kupang. Ditegaskannya, jika salah satu anggotanya turut terlibat maka dirinya tidak segan-segan memberikan sanksi yang berat terhadap oknum anggota tersebut.

Mengenai asumsi bahwa TNI-AU El Tari Kupang melarang orang untuk bekerja diluar negeri yang diberangkatkan melalui Bandar El Tari Kupang, dirinya mengatakan bahwa TNI-AU El Tari Kupang tidak pernah melarang hal itu. Namun jika hendak berangkat, melalui proses yang resmi.

Dijelaskan Andi, dirinya sebagai aparatur Negara memiliki tanggungjawab dalam hal itu. Sehingga cetiap CTKI yang diberangkatkan tdiak melalui procedural yang resmi, maka pihaknya akan melakukan pencekalan terhadap CTKI tersebut. Untuk itu, dirinya meminta kerja sama yang baikd ari masyarakat, LSM dan pemerintah dalam memerangi masalah CTKI di NTT. (*vyena)