Jhon W Purba

Dugaan Korupsi , Bupati Sumba Barat Dicerca 80 Pertanyaan

ZONALINENEWS-KUPANG, – Kejaksaan Negeri (Kejari) Waikabubak Kabupaten Sumba Barat (Sumbar), Senin 23 Februari 2015 lalu memeriksa Bupati Sumbar, Jubilate Pieter Pandango sebagai tersangka (tsk) dalam kasus dugaan korupsi pengadaan 150 unit sepeda motor. Kasi Pidsus Kejari Waikabubak, Didit Nugroho kepada wartawan di pengadilan Tipikor Kupang, Selasa 03 Maret 2015 mengatakan tim penyidik tengah memeriksa Bupati Sumbar, Jubilate Pieter Pandango sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan 150 unit sepeda motor di Kabupaten Sumbar.

Jhon W Purba

Jhon W Purba

terhadap tsk ,kata Didit, dilakukan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Waikabubak, Kabupaten Sumbar, oleh tim penyidik Kejari Waikabubak. Namun, untuk sementara tsk belum ditahan oleh Kejari Waikabubak. Dalam pemeriksaan itu, lanjutnya, tersangka diperiksa sejak pukul 09.00 Wita hingga pukul 14.00 Wita. Dalam pemeriksaan sebagai tersangka (tsk), Bupati Sumbar dicerca sedikitnya 80 pertanyaan oleh tim penyidik Kejari Waikabubak. Sebelumnya diberitakan, Kejaksaan Negeri (Kejari) Waikabubak Kabupaten Sumba Barat (Sumbar), Senin Februari 2015 lalu memeriksa Bupati Sumbar, Jubilate Pieter Pandango sebagai tersangka (tsk) dalam kasus dugaan korupsi pengadaan 150 unit sepeda motor.

Kajati NTT, John W Purba yang ditemui wartawan di Kejati NTT, Rabu 3 Maret 2015 mengatakan tim penyidik tengah memeriksa Bupati Sumbar, Jubilate Pieter Pandango sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan 150 unit sepeda motor di Kabupaten Sumbar. Pemeriksaan terhadap tsk ,kata John, dilakukan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Waikabubak, Kabupaten Sumbar, oleh tim penyidik Kejari Waikabubak. Namun, untuk sementara tsk belum ditahan oleh Kejari Waikabubak. “Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Waikabubak sudah periksa Bupati Sumba Barat (Sumbar), Jubilate Pieter Pandango sejak Senin 23 Februri 2015 lalu. Pemeriksaan dilakukan di Kejari Waikabubak, “ kata Purba.

Dijelaskan Purba, untuk saat ini, tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Waikabubak sedang melakukan perampungan berkas tersangka serta saat ini berkas tersebut sedang diteliti oleh Jaksa peneliti Kejari Waikabubak. Jika, lanjut John, berkas tersebut telah dinyatakan lengkap oleh jaksa peneliti maka akan dilakukan P21, yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan tahap II. Penyerahan tahap II oleh tim penyidik itu yakni berkas perkara serta tersangka sekaligus. “Saat ini jaksa peneliti masih teliti berkas perkara. Jika sudah lengkap maka di P21. Kasus itu di P21 dilanjutkan dengan penyerahan berkas serta tersangka yang mana tersangka langsung ditahan, “ terang Purba.

Purba juga mengatakan jika berkas telah dilakukan penyerahan tahap II dari jaksa penyidik kejari Waikabubak, maka jaksa wajib serta segera menyusun surat dakwaan terhadap tersangka yang kemudian dilanjutkan dengan pelimpahan berkas di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang untuk disidangkan. “Saya berharap bulan Maret 2015 mendatang berkasnya sudah rampung dan dilimpahkan ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang, “ harap Purba. (*vyena)