Forkom P2HP Flotim Adakan Jalan Santai

Zona Line News, Larantuka- Forum Komunikasi Pemerhati dan Perjuangan Hak-Hak Perempuan (Forkom P2HP) Kabupaten Flores Timur (Flotim), bersama Jaringan Mitra Perempuan Flotim lainnya, Sabtu (7/3) pagi menggelar jalan santai dan pelantikan pengurus Forkom P2HP Kecamatan Larantuka dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada setiap tanggal 8 Maret.

Forum Komunikasi Pemerhati dan Perjuangan Hak-Hak Perempuan (Forkom P2HP) Kabupaten Flores Timur (Flotim), bersama Jaringan Mitra Perempuan Flotim

Forum Komunikasi Pemerhati dan Perjuangan Hak-Hak Perempuan (Forkom P2HP) Kabupaten Flores Timur (Flotim), bersama Jaringan Mitra Perempuan Flotim

Hadir pada kesempatan itu, Bupati Flores Timur Yoseph Lagadoni Herin, Ketua Forum P2HP NTT Mien Patimanggu, Ketua Forkom P2HP Flotim Yohana Lamuri, Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Flotim dan berbagai jaringan mitra perempuan Kabupaten Flotim. Jalan santai yang dilepas oleh Bupati Yosni Herin tersebut dimulai dari Kantor Bupati Flotim dan berakhir di Taman Kota (Tamkot) Larantuka.

Ketua Forkom P2HP Kabupaten Flotim Yohana Lamuri, peringatan Hari Perempuan Internasional tahun 2015 ini dirayakan pada Sabtu (7/3), karena pada tanggal 8 Maret 2015 jatuh bertepatan dengan hari Minggu. Peringatan tahun ini mengambil tema “Perempuan Adalah Penjaga Moral Bangsa: Tegakkan Kejujuran dan Ketulusan Generasi Muda, Perangi Korupsi yang Sudah Mencabik-Cabik Ibu Pertiwi.”

“Hari Perempuan Internasional diperingati pertama kalinya di Amerika Serika, pada 28 Februari 1909. Pada 18 Maret 1911, sekitar 1 juta orang di Jerman, Austria, Denmark dan Swiss merayakan Hari Perempuan Internasional untuk pertama kalinya, namun peringatan tersebut kurang populer di mata dunia. Peringatan secara internasional baru dilakukan mulai 1977 ketika Majelis Umum PBB mengumumkan tanggal 8 Maret sebagai Hari Perempuan Sedunia untuk melindungi hak dan kedamaian perempuan,” katanya.

Yohana Lamuri mengatakan tema peringatan Hari Perempuan di Indonesia pada tahun ini dipandang tepat berkaitan dengan situasi bangsa dimana korupsi mendominasi berita di media televisi dan media cetak yang sangat mungkin membuat generasi muda frustasi karena sebagai besar kekayaaan bangsa dicuri oleh elit yang berkuasa.

Peringatan di Kabupaten Flotim kali ini, kata Yohana Lamuri, juga diagendakan pelantikan Koordinator Forkom P2HP Kecamatan Larantuka yang bertujuan agar organisasi semakin dekat dengan korban yang mestinya harus segera dilayani. Forkom P2HP Flotim berdiri sejak tahun 2005 dan diurus secara sukarela oleh lebih dari 30-an orang. Dan selama itu pula tidak ada honor tapi organisasi ini terus eksis di tengah masyarakat.

Ketua Forkom P2HP NTT Mien Patimanggu mengajak seluruh perempuan bersatu menjadi sebuah kekuatan untuk melakukan karya-karya besar demi keadilan dan kesetaraan gender di Provinsi NTT umumnya dan Flotim khususnya. Perempuan NTT dan khususnya perempuan Flotim satukan tekad dan meningkatkan kerjasama mencapai tujuan bersama NTT baru berkeadilan dan berkesetaraan gender.

Mien Patimanggu mengatakan ada satu hal yang menarik bagi perempuan di Kecamatan Larantuka pada peringatan Hari Perempuan Internasional, karena mendapat kado istimewa pelantikan pengurus P2HP kecamatan. Apa yang mesti dilakukan oleh pengurus yang dilantik?. Pahami visi misi Forkom P2HP, yakni memperjuangkan keadilan dan kesetaraan gender.

“Pengurus harus mampu bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi, mampu membangun komunikasi ke pemangku kebijakan, membangun komunikasi dan kekuatan jejaringan pemerhati perempuan, melakukan komunikasi dengan insan perempuan-perempuan lemah yang perlu ditingkatkan perannya melalui program pemberdayaan dan mampu menjawab tantangan organisasi,” katanya. (L1)