Hari Ini 92 Desa Bertarung Pilkades Polres TTU Siaga

Zonalinenews, Kefamenanu- Sebanyak 92 Desa di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) hari ini Rabu 11 Maret 2015, serentak menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Untuk mengantisipasi terjadinya potensi konflik, anggota Polres TTU, dikerahkan untuk mengawal keamanan selama pemungutan berlangsung.

Kepala BPMPD TTU, Robertus Nahas, S.Sos

Kepala BPMPD TTU, Robertus Nahas, S.Sos

Kepala Badan  Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (BPMPD) TTU, Robertus Nahas, S.Sos saat dikonfirmasi Rabu, 11 Maret 2015, menuturkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan Polres TTU, untuk menjaga kelancaran selama pelaksanaan pemilihan berlangsung.

Menurut Nahas, pihaknya tidak mengharapkan terjadinya gesekan konflik tapi biasanya dari pihak pendukung calon yang kalah selalu bertindak spontanitas, sehingga untuk menghindari gejolak perlu dikawal petugas keamanan.

“Kita semua tidak inginkan kalau ada gesekan yang muncul, tapi untuk menghindari itu sebaiknya perlu dikawal petugas keamanan,”tandasnya

Hal serupa ditambahkan Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Kristoforus Abi menambahkan untuk mengantisipasi gejolak maka sebelumnya pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan meminta para calon Kades,untuk membuat pernyataan kesepakatan damai. Bagi calon yang berkompetisi  harus siap terima kekalahan dan mengakui calon pemenang.

Dari semua desa yang bertarung menurut Abi, tidak ada klasifikasi yang berpotensi konflik sehingga diperlakukan sama untuk pengamanan. Meski demikian pihaknya terus melakukan pantauan bila ada desa yang muncul gejolak tentu menjadi focus perhatian untuk secepatnya diselesaikan.

“Kita harap Pilkades bisa berjalan aman dan lancar, kalau ada gejolak tentunya menjadi perhatian kita.”katanya (joe)

Sementara Kapolres TTU, AKBP Robby M. Samban melalui Kasubag Humas Iptu I Ketut Suta,  saat dikonfirmasi Rabu 11 Maret 2015 menuturkan untuk pengamanan Pilkades hari ini pihaknya sudah terjunkan Babinkamtibmas untuk turuk ke masing-masing desa binaannya.

Bukan hanya itu Kapolres TTU juga membuat surat perintah untuk 3 peleton patroli untuk mengawal diwilayah Kecamatan yang menggelar Pilkades. Kapolres TTU juga menghimbau untuk bisa menjaga situasi keamanan dan ketertiban sehingga pelaksanaan Pilkades bisa berjalan lancar dan sukses. Bila ada  masyarakat yang bertindak anarkis atau memprofokasi masyarakat dengan isu sesat akan diberikan sanksi tegas. “Pak Kapolres tegas menyampaikan akan menindak tegas pelaku yang berusaha menggagalkan jalannya pilkades,”tandas Ketut (*jo)