Hari ini Kadis Pertanian Ngada Sosialisasi di Desa Benteng Tawa

ZONALINENEWS,NGADA,- Kadis pertanian bersama beberapa staf Dinas pertanian Kabupaten Ngada , Sabtu 21 maret 2015 akan mengadakan sosialisasi di Desa Benteng Tawa, Kecamatan Riung Barat, Kabupaten Ngada. Kedatangan dinas pertanian Ngada sanagt dinantikan warga Desa Benteng Tawa.

para  petani di desa Benteng Tawa memanen

para petani di desa Benteng Tawa memanen

Berdasarkan informasi yang dihimpun media ini, bahwa aparat desa bersama 24 pengurus kelompok tani sudah mengadakan rapat intern guna persiapan menyambut Kadis pertanian Ngada bersama beberapa staf yang akan hadir.

Rapat intern aparat desa dan pengurus kelompok tani sepakat bahwa untuk kehadiran setiap kelompok tani wajib dihadiri oleh lima orang anggota, dan untuk anggaran konsusmsi bahwa masing-masing kelompok wajib mengumpulkan uang sebesar Rp 50 ribu dan satu kilogram beras.

”Yang ikut rapat hanya lima orang anggota sebagai utusan dari setiap kelompok. Seharusnya semua anggota dari 24 kelompok, tapi karena daya tampung ruangan tidak cukup, maka berdasarkan rapat intern, setiap kelompok utus masing-masing lima orang anggota,”demikian kata Ceslaus Lalung, ketua kelompok tani Tani Tiku Talo.

Untuk diketahui bahwa untuk sebagian hamparan sawah Mata Ri’i sudah sedang dikerjakan warga. Meski sebelumnya sudah dihimbaukan oleh pihak Gapoktani Desa, Hedrikus Kenge dan Pendamping dari TNI-AD, Kris Lopes bahwa untuk hamparan Mata Ri’i tidak boleh dikerjakan oleh para pemiliknya. Namun, sebagai petani sawah, dihadapan berbagai tuntutan kebutuhan terpaksa segera kerjakan sawah. Banyak pengurus kelompok tani yang mengerjakan sawah terlebih dahulu, sedangakn anggota kelompok pun baru sebatas siram bibit. ”Kami mau kerja terlambat juga salah, mau cepat juga salah. Program memang baik, terus bagaimana dengan kami punya kebutuhan yang terus menghimpit kami. Kami mau harap darimana lagi, kalau bukan dari padi saja yang cepat dapat uang, ” ujar Maks Rante, yang sawahnya sudah terlanjur semaikan bibit. (*intan)