Kejari Kefamenanu Disorot Terima Mobil Bantuan Pemkab TTU

ZONALINENEWS, KEFAMENANU- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kefamenanu, kembali disorot, pasalnya menerima bantuan satu unit mobil Double Gardan Hilux warna Putih, denagn nomor polisi DH XX D dari Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Utara.

Bantuan Mobil Double Gardan Hilux warna Putih, bantuan Pemerintah Kabupaten TTU, sedang parkir di halaman depan kantor Kejari Kefamenanu.

Bantuan Mobil Double Gardan Hilux warna Putih, bantuan Pemerintah Kabupaten TTU, sedang parkir di halaman depan kantor Kejari Kefamenanu.

Tidak heran pemberian itu tentunya menyita perhatian masyarakat sebab belakangan Kejaksaan Negeri Kefamenanu, focus menyidik kasus korupsi yang menyeret sejumlah oknum aparatur Pejabat pada lingkup pemerintahan Kabupaten TTU.

Direktur Lakmas Cendana Wangi Propinsi NTT, Viktor E. Manbait, saat dikonfirmasi Kamis, 12 Maret 2015 mengaku sangat kesal terhadap pemberian bantuan mobil operasional merek Double Gardan dari Pemerintah TTTU, kepada Kejari Kefamenanu. Dikatakan, mestinya sebagai penegak hukum yang paham dan tahu aturan hukum wajib menolak sebab bisa masuk kategori gratifikasi.

“Kita prihatin dengan perilaku Kejari TTU yang tidak sensitif dengan mengabaikan kaidah dan etika karena dengan menerima mobil bantuan pemda,”tandas Manbait

Lebih lanjut Manbait menuturkan mobil Double Gardan diberikan tidak lama berselang setelah Bupati TTU, diperiksa sebagai saksi dalam dugaan korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Dinas PPO sebesar 47.5 Milyar. Seharusnya Jaksa lebih pro aktif untuk menyelidiki pengadaan mobil tahun anggaran 2014, bukannya menerima bantuan mobil tanpa merasa beban.

Pengadaan mobil Double Garden Hilux yang diperuntukan Forkopimda menurut Manbait sebelumnya ditolak Komisi A DPRD TTU sebab tidak ada dasar hukum, tapi akhirnya kembali disetujui setelah dalam sidang pembahasan Badan anggaran.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Kefamenanui, Kahono, S.H melalui Kasi Intelijen, Alma Wiranta S.H, saat dikonfirmasi  Kamis 12 Maret 2015 mengatakan, pengadaan bantuan mobil Double Garden sebagai mobil operasional pada kantor Kejaksaan Negeri Kefamenanu, merupakan bantuan dari Pemerintah Kabupaten TTU. Sehingga pihak Kejari memberikan apresiasi terhadap Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes, S.Pt yang telah menyumbangkan mobil tersebut, apalagi Kejari Kefamenanu selama ini mengalami kekurangan mobil operasional.

Ketika disinggung apakah pemberian mobil operasional tidak menganggu dalam penuntasan kasus tidak pidana korupsi, Wiranta dengan tegas mengatakan pihaknya tidak akan terganggu sedikitpun dengan adanya pemberian mobil sebab tidak akan melemahkan kinerja aparatur Kejari Kefamenanu dalam menuntaskan kasus korupsi di TTU. (*jo)