Kenaikan Pangkat Merupakan Penghargaan Atas Prestasi kerja

ZONALINENEWS -OELAMASI,- Kenaikan pangkat merupakan penghargaan atas prestasi kerja aparatur negara dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Diharapkan, dengan kenaikan pangkat, para Pegawai Negeri semakin termotivasi untuk mengerjakan tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab. Demikian disampaikan Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Kupang, Krispianus Patmawan saat membacakan Sambutan tertulis Bupati Kupang, Ayub Titu Eki saat penyerahan secara Simbolis Surat Keputusan Kenaikan pangkat bagi PNS dilingkup Pemkab Kupang pada Apel Kesadaran Pemkab Kupang, Selasa 17 Maret 2015  di Civic Center Oelamasi.

Bupati Kupang Ayub Titu Eki dan Kabag Humas Stef Baha

Bupati Kupang Ayub Titu Eki dan Kabag Humas Stef Baha

Dikatakan, Sebanyak 250 orang Pegawai Negeri Sipil di Lingkup Pemkab Kupang menerima SK kenaikan pangkatnya untuk periode pertama April 2015. Menurut Kris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kupang pada periode I April 2015 ini telah mengirimkan 388 berkas ke Badan Kepegawaian Negara regional Bali namun hingga saat ini yang telah mendapat persetujuan dan ditindaklanjuti dengan pembuatan SK baru sebanyak 250 berkas. Ia  berharap penyerahan SK kenaikan pangkat ini memacu Pegawai Negeri selaku aparatur sipil negara untuk berkerja lebih baik dan berprestasi.

“Sebagai  Aparatur Sipil Negara/ Pegawai Negeri dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara baik, profesional, dan memiliki etos kerja yang tinggi sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Dan Sebagai Aparatur Negara, mari kita tingkatkan kedisiplinan, etos kerja yang tinggi dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, “ungkap Kris.

Pemerintah Kabupaten Kupang telah menetapkan tahun 2015 sebagai tahun penegakan disiplin sehingga dalam pelaksanaannya perlu didukung dengan panca tertib yakni tertib waktu, tertib diri, tertib tugas, tertib administrasi/Pertanggungjawaban dan tertib lingkungan guna mewujudkan kinerja aparatur yang baik, berkualitas. Ditambahkan Patmawan, bahwa kualitas pelayanan aparatur sangat ditentukan oleh sikap mental aparatur yang memiliki sikap disiplin, pekerja keras dalam rangka memberikan pelayanan publik secara baik. “Masyarakat adalah fokus pelayanan kita, “katanya.

Kabid Mutasi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kupang Yermias Liunokas dalam laporannya mengatakan bahwa 250 berkas PNS Kabupaten Kupang telah direalisasikan dalam bentuk SK Bupati kenaikan pangkatnya dari 388 berkas yang diusulkan.

Dikatakan Liunokas bahwa 138 Berkas PNS yang masih dalam proses verifikasi tersebut diantaranya 100 berkas merupakan kewenangan Bupati, 34 berkas Kewenangan Gubernur dan 4 berkas kewenangan Presiden RI dan masih berada di Sekretariat Negara.

Yermias menambahkan Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 2003 tentang Wewenang Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil menyatakan bahwa kenaikan pangkat adalah penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pegabdian pegawai negeri sipil terhadap negara. Selain itu kenaikan pangkat diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah memenuhi syarat yang ditentukan tanpa terikat pada jabatan. (*Hayer)