Kepsek Harus Urus Pendidikan, Bukan Berpolitik Praktis

Zona Line News- ATAMBUA,- Seorang kepala sekolah jangan mental bos dengan adanya dana bos yang didapat. Pengelolaan dana itu jangan diurus sendiri atau pribadi, tapi secara organinsasi. Karena itu kerja dan fungsikanlah dana bos sesuai aturan yang berlaku.

Pelantikan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah

Pelantikan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah

Demikian Penjabat Bupati Belu, Wilem Foni mengingatkan hal itu dalam sambutannya ketika melantik Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di lantai I Kantor Bupati, Kamis (12/3/2015).

Menurut Foni, 235 Guru yang dilantik sebagai kepala sekolah harus jalankan tugasnya mengupayakan dunia pendidikan. Sehingga mendapatakan sesuatu yang kualitas dan menghasilkan anak didik yang baik. “Guru adalah suatu komponen strategis di suatu daerah. Karena itu harus selalu bekerjasama dengan himpunan masyarakat,” ungkap dia.

Kepala sekolah yang telah dilantik kembali harus berada di tengah-tengah masyarakat dan harus menjaga hubungan yang baik. Baik itu dengan para guru maupun  seluruh unsur komponen yang ada. “Saya minya kerjasama dalam lingkungan sekolah dan jangan egois. Karena disitu dunia pendidikan akan hidup,” tutur Foni.

Bagi 23 pengawas sekolah yang dilantik pada empat rayon harus saling bekerjasama. Kepsek dan pengawas itu adalah pemimpin, karena merupakan suatu komponen strategis di suatu daerah. Kepsek juga harus memotori anak didik dan memberikan teladan yang baik dihadapan para guru.

“Jadi seorang pemimpin itu dibutuhkan kejujuran dan displin untuk berkantor. Sebab itu sangat penting untuk meraih kualitas pendidikan bagi anak didik,” tandas dia.

Tegas Foni, pelantikan hari ini tidak ada kepentingan politik pihak tertentu, tapi ini merupakan bagian dari rotasi dan pengisian kekosongan yang ada. Sebab itu, Kepsek dan pengawas seharusnya mengurus dunia pendidikan sesuai tema kita kerja, bukannya mengurus politik.

“Spirit kita adalah spririt kerja. Guru bukan berurusan dengan politik, tapi berpolitik pendidikan untuk anak cerdas dan jangan politik untuk cari kekuasaan semata,” ucap dia. (*Dev)