Keselamatan Pelayaran Samana Santa

Zona Line News, Larantuka- Bupati Kabupaten Flores Timur (Flotim) Yoseph Lagadoni Herin saat membuka kegiatan sosialisasi mengatakan kesehatan matra merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental guna adaptasi terhadap kondisi dan keadaan. Flotim sebagai kabupaten kepulau sangat cocok diterapkan sistem keselamatan pelayaran.

Bupati Kabupaten Flores Timur (Flotim) Yoseph Lagadoni

Bupati Kabupaten Flores Timur (Flotim) Yoseph Lagadoni

Bupati Yosni Herin mengatakan keselamatan pelayaran menjadi faktor penting yang harus diperhatikan dan sebagai dasar dan tolok ukur bagi pengambil keputusan dalam menentukan kelayakan pelayaran baik dilihat dari sisi sarana berupa kapal maupun prasarana seperti sistem navigasi dan sumber daya manusia. Pemerintah mendukung sepenuhnya langkah yang diambil dalam upaya meningkatkan keselamatan pelayaran.

“Saya mengingatkan bahwa keselamatan pelayaran merupakan faktor yang paling utama dalam penyelenggaraan jasa transportasi laut. Pengalaman tahun lalu ketika prosesi laut terjadi kecelakaan laut, karena kita tidak mempersiapkan diri dengan baik,” katanya.

Bupati Yosni Herin menegaskan kepada seluruh masyarakat dan berbagai pihak berkepentingan dalam penggunaan angkutan pada saat Prosesi Laut perayaan Semana Santa yang akan datang untuk selalu mematuhi dan mentaati peraturan yang berlaku demi terciptanya keselamatan dan keamanan pelayaran pada Prosesi Semana Santa yang akan datang.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha KKP Kupang Hengky Y. Jezua pada kesempatan tersebut mengatakan tujuan kegiatan sosialisasi untuk memberikan pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan pelayaran. Selain itu untuk meningkatkan pengetahuan petugas dan masayarakat di sekitar pelabuhan dalam melakukan respon penanganan korban kecelakaan dalam pelayaran secara cepat dan tepat.

Dalam rangka pelaksanaan Prosesi Jumat Agung di Larantuka tahun 2015, Kantor Kesehatan Pelayaran Kupang (KKP) bekerjasama dengan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Larantuka, Kabupaten Flotim menggelar sosialisasi kesehatan matra dan keselamatan pelayanan di aula Kantor UPP Larantuka, belum lama ini. Sosialisasi dibuka Bupati Flotim Yoseph Lagadoni Herin.(*atakey)