Kodam IX/Udayana Dapat Bantuan KMC Komando

ZONALINENEWS – KUPANG , Wilayah teritorial Kodam IX/Udayana yang meliputi tiga Provinsi yaitu, Balinusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) ini terdiri dari berbagai pulau terbesar dan lautan yang luas. Selain berbatasan darat langsung dengan Negara Timur Leste serta berbatasan laut dengan Negara Australia, wilyah Kodam IX/Udayana juga memiliki pulau terdepan antara lain pulau Batek, Mangudu, Dana Rote dan Dana Sabu.

Panglima Kodam Udayana Mayor Jendral TNI  Torry Djohara BT  dan Direktur Pembakalan Angkutan Angkatan Darat

Panglima Kodam IX/ Udayana Mayor Jendral TNI Torry Djohara BT dan Direktur Pembakalan Angkutan Angkatan Darat

Hal ini disampaikan Panglima Kodam IX/Udayana Mayor Jendral TNI, Torry Djohara BT dalam sambutannya pada acara Penyerahan Bantuan Kapal Motor cepat (KMC) Komando dari Direktur Pembakalan Angkutan Angkatan Darat (Dirbekangad ) kepada Pangdam IX/Udayana didermaga Navigasi Tenau Kupang, Senin 16 Maret 2015 pukul 13.30 wita.

Lanjut Torry, dengan kondisi wilayah demikian maka TNI di tuntut untuk mengamankan secara ekstra agar tidak sejengkalpun wilayah kodam IX/Udayana terutama pulau terdepan direbut atau di kuasai oleh Negara lain. Salah satu upaya untuk meningkatkan penanganan tersebut kata Torry, dibutuhkan sarana yang memadai berupa kapal laut yang mampu bermanuver atau bergerak dengan cepat, seperti KMC Komando bantuan dari Kasad ini.

“KMC Komando yang dilengkapi dengan peralatan cangih dan terbaru seperti Marine Radar, Alat Komunikasi dan GPS termoderen dikelasnya ini. Dan dilengkapi juga dengan persenjataan senapan mesin berat caliber 12,7 mm dengan system bidik mengunakan remote control, “ujar Torry.

Dijelaskan, KMC Komando ini bisa mengangkut 33 personel dengan kemampuan jelajah 30 knot dan dapat beroperasi dilaut, perairan dangkal , danau, rawa dan sugai.

“Melihat karakteristik dan kemampuan yang dimiliki oleh KMC Komando maka tentunya akan diberikan harapan baru kepada Kodam IX/udayana dalam menjaga, mengawasi dan mengamankan wilayah teritorial terutama pulau terdepan. Kita patut bangga karena bantuan dari kasad berupa KMC komando ini merupakan salah satu Master Peace buatan putra, putri terbaik bangsa Indonesia, dan KMC Komando ini murnih hasil riset Dislitbangad yang bekerja sama dengan para ahli dari Universitas Indonesia (UI), “jelas Torry. (*sari)