Lulusan Politani Harus Mampu Menjadi Pelaku Usaha

ZONALINENEWS-KUPANG,– Dengan keterampilan yang dimiliki, mahasiswa yang menyelesaikan kuliahnya di Politeknik Pertanian Kupang diharapkan agar mampu menjadi pelaku usaha dan mampu memanajemen usahanya sehingga dapat mengembangkan skala usahanya, khususnya di sektor pertanian pedesaan. Hal ini  karena sektor pertanian pedesaan  sangat menjanjikan untuk mengembangkan usaha.

DIREKTUR POLTANI KUPANG

DIREKTUR POLTANI KUPANG

“Selama ini lulusan politani pada umumnya lebih memilih menjadi Pegawai Negeri Swasta (PNS). Pada hal sektor pertanian di desa sangat menjanjikan untuk mereka membuka usaha,” ucapnya.

Demikian disampaikan Direktur Politeknik Pertanian Negeri Kupang, Blasius Gharu, di ruangan kerjanya, Rabu, 4 Maret 2015.

Blasius menjelaskan, khususnya dalam bidang pertanian selama ini tidak berjalan. Hal ini menurut Blasius, karena para lulusan Politani Pertanian tidak ada yang menyentuh atau menggeluti bidang pertanian. Pada hal Politeknik Pertanian didesain untuk menghasilkan alumni yang mampu bersaing di dunia usaha. Selain itu para lulusan juga telah dipersiapkan untuk menjadi pelaku usaha.

Lanjut Blasius, dunia wirausaha adalah dunia yang sangat menjanjikan masa depan karena akan memberikan keuntungan yang besar bagi para pelaku usaha.

“Kebanyakan dari para lulusan tidak percaya dengan kemampuannya. Pada hal mereka sudah dibekali keterampilan, tinggal mereka kembangkan saja. Karena dunia wirausaha itu dapat memberikan keuntungan yang besar dan di desa peluang untuk kembangkan usaha sangat besar,” ungkapnya.

Olehnya, Sebagai bentuk dukungan terhadap para lulusan agar mampu mengembangkan usaha di bidang agrobisnis khusunya di sektor pertanian pedesaan, pihak kampus telah bekerjasama dengan sebuah lembaga dan juga pihak Bank NTT sebagai penyandang dana, untuk memberikan bantuan dana kepada semua lulusan.

Dana tersebut, jelas Blasius, merupakan dana komersial yang akan diberikan bagi setiap lulusan melalui seleksi dari pihak kampus. Sedangkan pihak kampus akan melakukan pembinaan dan pengawasan.

“Bagi mahasiswa yang telah lulus tinggal masukan proposal dan kami akan melakukan perekrutan dengan melalui tahap seleksi hingga pada pembinaan serta pengawasan,” pungkasnya. (*amar)