Manfaatkan Momen Samana Santa, KMK Fisip Undana Baksos di Riangkemie

ZONA LINE NEWS, LARANTUKA- Sedikitnya 50-an mahasiswa yang tergabung dalan Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Nusa Cendana (Fisip Undana) Kupang turun di tengah kehidupan masyarakat Desa Riangkemie, Kecamatan Ile Mandiri. Kegiatan itu dikemas dalam bentuk bakti sosial kemasyarakatan. KMK Fisip Undana Kupang berbaur ditengah masyarakat dengan berbagai kegiatan dimulai sejak Jumat (27/3) hingga Minggu (29/3).

Frangky B. Keban keban saat memberikan keterangan Pers

Frangky B. Keban keban saat memberikan keterangan Pers

Koordinator Umum Kegiatan Bakti Masyarakat KMK Fisip Undana Kupang, Damianus B. Lamen didampingi Alumni KMK Fisip Undana Kupang Frangky B. Keban mengatakan itu kepada wartawan, di Larantuka, jumat 27 Maret 2015.

Menurutnya, mahasiswa KMP Fisip Undana Kupang tiba di Larantuka pada Jumat (27/3) dan langsung bergerak menuju Desa Riangkemie.

Damianus B. Lamen mengatakan mahasiswa KMK Fisip Undana Kupang sesungguhnya hendak mengikuti Prosesi Semana Santa di Kota Larantuka. Namum rasanya moment tersebut perlu pula dilakukan bakti sosial pada masyarakat. Selain itu sebagai persiapan bagi mahasiswa-mahasiswa semester lanjut yang tergabung dalam KMK Fisip Undana Kupang untuk lebih awal mengenal kondisi kehidupan sosial kemasyarakat.

Damianus B. Lamen mengatakan selama berada di Desa Riangkemie, mahasiswa KMK Fisip Undana akan menggelar berbagai kegiatan diantaranya bakti sosial membersihkan lahan tanaman, sharing dengan kaum muda setemoat, pemutaran film, pertandingan bola voly dan bola kaki persahabatan, dan puncaknya akan digelar seminar tentang kaum muda dan penanaman 100 pohon di wilayah desa setempat.

“Seminar Kaum Muda mengambil tema ‘Dimana Kaum Muda’. Peserta dalam seminar pemerintah Desa Riangkemie, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agana, kaum muda, OMK dan masyarakat,” katanya.

Kepala Desa Riangkemie Thomas Iryanto Lewar, kepada wartawan, melalui telepon, jumad (27/3) membenarkan bahwa mahasiswa KMK Fisip Undana Kupang akan mengadakan Baksos di Desa Riangkemie selama beberapa hari kedepan sampai dengan Senin nanti. Dalam baksos tersebut, para mahasiswa KMP Fisip Undana akan menggelar berbagai kegiatan di desa termasuk menggelar seminar tentang kaum muda.

Thomas Iryanto mengatakan KMK Fisip Undana Kupang berjumlah sekitar 50-an orang dan mereka tinggal langsung di rumah-rumah perangkat desa dan warga desa setempat. Mereka juga, selain menggelar seminar kaum muda juga melakukan sosialisasi mengenai HIV/AID dan melakukan penanaman tanaman rambutan dan sukun di wilayah desa. (*Atakey)