Pejabat Negara Hadiri Semana Santa

Zona Line News, Larantuka- Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat (Kasubag Humas) Polres Flotim Iptu Erna Romakia mewakili Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Flotim AKBP Dewa Putu Gede Artha Sabtu 27 Maret 2015 mengatakan Gelar Pasukan Operasi Semana Santa 2015 sudah dilaksanakan pada Senin 23 Maret 2015 pagi di Mapolres Flotim.

personil TNI Polri , Pol PP , OMK , Remas di Flotim siap mengamankan Perayaan Paskah

personil TNI Polri , Pol PP , OMK , Remas di Flotim siap mengamankan Perayaan Paskah

Menurutnya personil pengamanan dalam Operasi Semana Santa 2015 terdiri dari Polres Flotim sebanyak 220 personil, Kodim 1624 Larantuka 30 personil, Kopasus 35 personil, 1 Pleton atau 30 personil Brimobda Polda NTT, Dinas Perhubungan 47 personil, Pol PP 100 personil, OMK 100 orang, Remaja Masjid 50 orang, Parisada Hindu 10 orang. Total petugas pengaman Semana Santa 2015 sebanyak 622 personil.

Dikatakan Iptu Erna Romakia , pada pelaksanaan operasi Semana Santa 2015 ini telah ditetapkan 2 daerah operasi, yaitu prioritas I di Polres Flotim dan Prioritas 2 meliputi 4 Polsek. Hal ini dimaksudkan agar pelaksanaan operasi dapat berjalan secara optimal, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman dalam merayakan paskah tahun 2015.

Kepala Kepolisia Resor (Kapolres) Flotim AKBP Dewa Putu Gede Artha dalam gelar pasukan Operasi Semana Santa 2015 di Lapangan Apel Mapolres Flotim, Senin 23 maret 2015 pagi mengatakan perayaan paskah merupakan memontum penting bagi umat Kristiani yang selalu diikuti dengan meningkatnya dinamika situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas). Upaya dan langkah pengamanan secara komprehensif dari Polri perlu didukung seluruh komponen masyarakat agar dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Menurut Kapolres Dewa Putu Gede, pelaksanaan operasi tersebut, selain difokuskan pada antisipasi berbagai potensi gangguan Kamtibmas dan Kaseltibcarlantas yang dapat mengganggu perayaan paskah, juga memfokuskan pada antisipasi terhadap ancaman terorisme. Potensi ancaman tersebut perlu diatasi melalui langkah-langkah pro aktif dan inovatif agar seluruh kegiatan masyarakat dapat berjalan aman, lancar dan sukses.

“Pada operasi kali ini turun sebanyak 220 personil Polres Flotim, 30 personil TNI-AD Kodim 1624, 1 Pleton BKO Brimob Maumere, 1 Unit Jihandak Sat Brimobda Polda NTT dan 200 personil instansi terkait beserta komponen masyarakat lainnya,” katanya.

Kapolres Dewa Putu Gede pada kesempatan itu memberikan beberapa pedoman yang perlu dilaksanakan semua personil pengamanan dalam Operasi Semana Santa 2015 diantaranya para personil diharapkan memetakan seluruh potensi kerawanan yang ada supaya dapat segera dilakukan antisipasi melalui deteksi dini, mengoptimalkan peran intelijen dan Bhabinkamtibmas guna mengantisipasi setiap permasalahan yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.

Selain itu, kata Kapolres Dewa Putu Gede, mengoptimalkan pergelaran anggota di tengah-tengah masyarakat sehingga kehadirannya dapat dirasakan sebagai penolong, pelayan dan sahabat masyarajat serta membantu dan meringangkan beban masyarakat. Utamakan tindakan simpatik, serta hindari sikap arogan yang tidak mencerminkan jati diri sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

“Tingkatkan kewaspadaan terhadap segala kemungkinan terjadinya aksi teror di tempat-tempat ibadah, pusat keramaian, serta kegiatan masyarakat lainnya yang akan memanfaatkan momen perayaan Paskah 2015,” katanya.

Tamu Semana Santa

Sementara itu perayaan Pekan Suci Semana Santa 2015 akan dihadiri sejumlah pejabat penting negara, baik dalam maupun luar negeri. Informasi yang diperoleh wartawan, Sabtu 27 Maret 2015 siang dari Bagian Protokol Simon Petrus Lamawato pada Bagian Humas Pemkab Flotim sejumlah tamu Semana Santa 2015 bakal hadir, yakni Menteri Perhubungan RI, Gubernur NTT, Wakil Komandan Kopasus, Kepala Badan Intelijen Nasional, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) NTT, Kabid Intel, Kasrem dan Komandan Lanal Maumere.

Kepala Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi pada Bagian Humas Pemkab Flotim Dominggus Tibo, kepada media ini, Sabtu 27 Maret 2015 mengatakan sejumlah pejabat negara tersebut akan tiba pada pekan-pekan ini di Larantuka. Para pejabat negara tersebut menjadi tamu dalam Pekan Semana Santa 2015 dan akan menginap di Rujab Bupati dan Rujab Wakil Bupati Flotim. pihak Kepolisian Resor Flores Timur (Polres Flotim) menurunkan 622 personil pengamanan perayaan Pekan Semana Santa di Larantuka. Personil pengamanan yang mulai bertugas dalam Operasi Semana Santa 2015 terhitung sejak Senin 23 Maret hingga 6 April 2015 tersebut terdiri dari Polres Flotim, Brimob Maumere dan Brimob Polda NTT, Kodim 1624 Larantuka, Kopasus, Pol PP Flotim, Orang Muda Katolik (OMK), Remaja Masjid, Parisada Hindu, dan komponen masyarakat lainnya.(*Atakey)