PNS Merupakan Pelayan Masyarakat

ZONALINENEWS – OELAMASI, Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan pelayan masyarakat, Maka dari itu menjadi  harus bisa melayani masyarakat dengan sungguh,  bukan minta dilayani.

Wakil Bupati Kupang Korinus Masneno

Wakil Bupati Kupang Korinus Masneno

“Para pimpinan SKPD dalam penyelarasan program dapat memberikan justifikasi dan kajian teknis yang jelas sehingga dalam pelaksanaan programnya dapat menjawab kebutuhan masyarakat melalui usulan-usulan yang telah disampaikan oleh masyarakat dan secara teknis dapat dipertanggungjawabkan, “Kata Wakil Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya dan sekaligus membuka kegiatan  penyelenggaraan Forum SKPD lingkup Pemkab Kupang di aula Pertemuan Kantor Bupati Kupang Oelamasi, Senin 23 Maret 2015 pukul 10.30 wita. Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kupang Drs. Hendrik Paut, M. Pd, Kepala Pengadilan Negeri Oelamasi. Hadir pula Anggota DPRD Kabupaten Kupang  Tommy da Costa, Sophia Malelak, Anthon Natun.

Wakil Bupati  Kupang Korinus Masneno  mengatakan, masyarakat dan aspirasinya adalah bagian terpenting dalam sistem perencanaan dan pembangunan yang wajib diperhatikan. Ia  berpesan agar anggaran yang terbatas ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, bukan  dihabiskan untuk kegiatan yang sifatnya konsultasi, koordinasi, studi banding tanpa tujuan yang jelas sehingga mengabaikan kepentingan masyarakat. “Semua pihak agar menjadikan forum SKPD ini sebagai forum yang bermartabat, yang menghasilkan penyelarasan program/kegiatan yang mampu membangun kesinambungan dalam upaya percepatan pencapaian visi dan misi pemerintah Kabupaten Kupang, “ungkapnya.

Kebijakan 5 tahun kedepan dititikberatkan katanya, pada sektor ekonomi dengan pola pemberdayaan masyarakat yang diharapkan mempercepat pertumbuhan sektor ekonomi di Kabupaten Kupang yang nantinya akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. “Semua usulan penting, namun muaranya ialah pada peningkatan dearajat kesejahteraan masyarakat, “jalasnya.

Dikatakan, sehubungan dengan upaya pemberdayaan masyarakat guna peningkatan ekonomi pengaplikasian gerakan tanam paksa paksa tanam menjadi gerakan yang diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan setiap jengkal halaman dan pekarangan  serta potensi lahan yang ada untuk menjadi lahan yang produktif. Lanjut Masneno,  semua pihak harus bergandengan tangan, menyamakan langkah membangun Kabupaten Kupang menjadi lebih baik, tidak terlepas dukungan dan peran dari LSM, NGO dan masyarakat semua. Tidak lupa dalam kesempatan tersebut Wabup Masneno juga meminta dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Kupang untuk tidak hanya mengawasi namun juga memberikan andil dalam mendukung program yang ada dimasyarakat.

Sementara itu Sekda Kabupaten Kupang Hendrik Paut pada kesempatan itu juga mengatakan, bahwa fokus pembangunan dititikberatkan didesa dengan tujuan program-program pembangunan yang dilaksanakan membawa kemajuan dan perubahan-perubahan yang lebih baik dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Melalui forum ini, telah dilaksanakan sinergi perencanaan yang berjenjang melalui pembuatan Rencana kerja, pokok-pokok pikiran bersama dan menghasilkan rujukan perencanaan yang baik dan menjawab kebutuhan masyarakat. (*hayer)