Sidang Paulus Usnaat Digelar Hari Kamis Polres TTU Siaga

Zonalinenews, Kefamenanu- Sidang pembunuhan Paulus Usnaat, didalam tahanan Mapolsek Nunpene, Kecamatan Miomaffo Timur, Kabupaten Timor Tengah Utara, dipastikan akan digelar hari Kamis 05 Maret 2015. Untuk mengantisipasi bakal terjadinya kericuhan, pihak aparatur keamanan Kepolisian Resort (Polres) Timor Tengah Utara (TTU), menggelar rapat persiapan pengamanan yang dipimpin langsung  Kapolres TTU, AKBP Robby M. Samba.

josephine binsasi memegang foto almarhum paulus usnaat (foto tribunnews)

josephine binsasi memegang foto almarhum paulus usnaat (foto tribunnews)

“Pagi tadi kita sudah gelar rapat persiapan pengamanan untuk sidang perdana kasus pembunuhan korban Paulus Usnaat,”jelas Kasubag Humas Polres TTU, Ipda I Ketut Suta, saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Selasa 03 Maret 2015

Dikatakan, agenda sidang perdana tentang pembacaan dakwaan dan mendengar keterangan saksi-saksi. Untuk menjaga kelancaran selama sidang berlangsung maka Kapolres TTU, menghimbau semua masyarakat yang berkunjung untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Masyarakat dihimbau agar tidak membawa senjata tajam ataupun barang-barang berbahaya lainnya dan tidak saling menghujat diantara para pengunjung kedua keluarga.

“Kapolres TTU menghimbau pengunjung untuk menjaga keamanan sehingga proses sidang perdana dan sampai pada tahapan putusan berjalan tertib, aman dan lancar,”tandas Suta

Lebih lanjut Suta, menjelaskan bagi pengunjung yang terlibat gesekan konflik atau sengaja menggagalkan jalannya sidang maka pihaknya tidak segan-segan menindak tegas para pelaku sesuai aturan hukum yang berlaku.

Ketika disinggung terkait banyaknya personil yang akan ditugaskan, Suta menuturkan kekuatan personil yang akan diturunkan untuk pengamanan sidang perdana berjumlah 60 hingga  70 orang.

Sebelumnya diberitakan, kasus pembunuhan terhadap korban Paulus Usnaat, di sel tahanan Polsek Nunpene, 2 juni 2008 lalu, akan digelar sidang perdana pada Kamis (05/3).

Juru penerangan Humas Pengadilan Negeri (PN) Kefamenanu, Wawan Edy Prastiyo, S.H., M.H, Kepada Senin (02/3), menjelaskan Ketua Pengadilan Negeri Kefamenanu, sudah menetapkan Majelis Hakim yang mengadili perkara terdakwa Emanuel Talan  dan Baltasar Talan Bala.

Para hakim yang akan duduk sebagai Ketua Majelis Hakim yakni Darminto Hutasoit, SH. MH yang merupakan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kefamenanu, sedangkan Anggota Majelis Hakim  Hendrywanto MK. Pello, SH dan Wawan Edi Prastiyo, SH, MH.

Menurutnya, Majelis Hakim dalam perkara tersebut, sudah menetapkan hari sidang bagi para terdakwa, yang akan digelar Kamis, 5 Maret 2015 mendatang. Sehingga para Majelis Hakim, meminta pengunjung yang hadir mengikuti jalannya persidangan dengan tertib dan aman sebab Majelis Hakim akan memeriksa secara fair dan menjunjung tinggi prinsip imparsialitas.

“Semua perkara sama kita perlakukan sama dengan perkara pidana lainnya. Semua perkara yang dilimpahkan ke PN Kefamenanu dilakukan sesuai dengan SOP, tanpa ada pengecualian. Hanya saja, terhadap perkara yang menarik perhatian publik, kita akan koordinasi dengan pihak keamanan untuk menjaga tertibnya persidangan,” ujarnya (*jo)