USAI DUDUKI PASAR INPRES BAJAWA, PEDAGANG MENARI JA’I BERSAMA

ZONALINENEWS BAJAWA-Usai menduduki Pasar Inpres Bajawa, 24 Maret 2015 ratusan pedagang langsung menggelar barang dagangan mereka di Pasar Inpres Bajawa sekaligus merayakan kerinduan dan keharuan mereka dengan menari bersama tarian Ja’i di halaman depan Pasar Inpres Bajawa Kabupaten Ngada Flores.

Tari Ja'i bersama di Pasar Inpres Bajawa

Tari Ja’i bersama di Pasar Inpres Bajawa

Pantauan media ini 24 Maret 2014, usai membongkar pagar, ratusan pedagang langsung merayakan kerinduan dengan penuh semangat sambil meneriakan yel-yel ekonomi Ngada telah Bangkit kembali untuk menghidupkan Kabupaten Ngada. Tidak sedikit pedagang menanghis haru dalam kejadian ini. Mereka menyatakan tidak akan keluar lagi dari Pasar Inpres Bajawa meski pemerintah bersikeras melakukan pemaksaan. Para juga pedagang berjanji akan melakukan perlawanan habis-habisan jika pemerintah daerah selaku mandataris mereka menurunkan tim gabungan untuk mengusir mereka dari Pasar Inpres Bajawa yang mereka cintai. Sejumlah pedagang kepada media ini mengungkapkan aksi menduduki Pasar Inpres Bajawa tidak boleh dimaknai sebagai aksi asal-asalan sebab aksi ini adalah juga bentuk kecintaan rakyat Ngada terhadap daerah ataupun  terhadap pemerintah daerah atas mandeknya roda perekonomian daerah akibat berbulan-bulan ditutupnya Pasar Inpres Bajawa.
“Kami dating kesini bukan hanya semata-mata untuk berdagang kembali tetapi karena kami mencintai daerah ini bersama roda perekonomiannya yang sudah lumpuh karena ratusan pedagang yang merugi adalah warga Ngada berKTP Ngada,”ungkap Deta pedagang sembako.

Mereka mengakui bangunan pasar baru Boubou Bajawa yang dibuat oleh pemerintah sangat megah namun keberadaannya yang terletak di tengah hutan dan terisolasi dari kota Bajawa telah membawa dampak buruk bagi seluruh pedagang yang mencari nafkah di Kabupaten Ngada Flores. Para pedagang berharap pemerintah daerah tidak melakukan tindakan-tindakan pengerahan kekuatan ataupun aksi-aksi represif untuk mengusir pedagang dari Pasar Inpres Bajawa.( *wrn)