Dana Desa Untuk Sejahterakan Masyarakat Bukan Untuk Ditakuti

ZONALINENEWS – OELAMASI, Pemberian dana bergulir oleh Pemerintah Pusat ke setiap wilayah desa di seluruh Indonesia sesuai dengan UU No 6 tentang pemerintah Desa rupanya menimbulkan kekuatiran dalam penggunaan dan pengelolaannya karena kalau salah gunakan, dan dapat menimbulkan persoalan hukum. Demikian diungkapkan salah satu masyarakat sekaligus  Kepala BPD Desa, Tuapanaf Yohanis Theodoris kepada Bupati Kupang AYub Titu Eki disela-sela kunjungannya dalam rangka panen kacang tanah di Gereja  GMIT Mahanaim Mitas Desa Tuapanaf Kabupaten Kupang, Kamis 2 April 2015 pukul 11.30 wita.

Bupati semangati masyarakat agar menggunakan dana desa bagi pengembangan potensi desa salah satunya dibidang pertanian

Bupati semangati masyarakat agar menggunakan dana desa bagi pengembangan potensi desa salah satunya dibidang pertanian

Menurutnya, pemberian dana desa ini menjadi angin segar bagi masyarakat desa karena melalui anggaran ini , akan dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan hidup masyarakat. Namun dalam kenyataannya, setiap keuangan pemerintah harus dapat dipertanggungjawabkan penggunaannya. Lanjut  Theodoris harus ada pendampingan khusus dari Pemerintah agar jangan ada aparat desa yang tersangkut masalah hukum.

Pada kesempatan itu, Bupati Kupang Ayub Titu Eki menangapi ketakutan masyarakat mengatakan,  bahwa anggaran dana desa merupakan berkat yang harus disyukuri dan bukan dikuatirkan. “Anggaran ini tentu menjadi kunci pembuka pintu agar kita dapat keluar dari ketertinggalan, bukan untuk ditakuti apalagi menjadi momok yang menakutkan,” ungkap Bupati.

dikatakan ,  masyarakat bersama Pemerintah desa menyiapkan program-program cemerlang lewat RPJMdes, yang nantinya harus disesuaikan dengan potensi yang ada di desa untuk digali dan dikembangkan. Ketia uang datang, harus memberikan hasil, jangan digunakan untuk sesuatu yang sifatnya konsumtif tetapi digunakan untuk menjadi penggeraka perubahan. “Penggunaan uang untuk pengelolaan pertanian desa. Lahan yang kosong di siapkan embung, siapkan pompa air yang nantinya dapat digunakan untuk mengairi areal pertanian dan tentu hasilnya dapat mendongkrak kehidupan masyarakat menjadi lebih baik, “tegasnya. (*hayer)