Dua Paket Daftar di Demokrat Belu

Zona Line News- ATAMBUA- Hingga penutupan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di Partai Demokrat Belu, terdapat dua paket yang mendaftar, yakni Willybrodus Lay-JT Ose Luan dan Fence Abanit-Bonafasius Bowe. Selain itu, terdapat dua orang yang mendaftar secara individu sebagai bakal calon Bupati, yakni Arnaldo Tavarez dan Apolinario da Silva.

Ketua DPC Demokrat Belu Willy Lay

Ketua DPC Demokrat Belu Willy Lay

Demikian diterangkan Ketua DPC Demokrat Belu, Willy Lay kepada wartawan di Atambua, Jumat 08 April 2015.

Lay mengemukakan berkas para kandidat, baik yang mendaftar secara berpasangan (paket) maupun perorangan sudah diantar ke DPD Demokrat NTT oleh panitia penjaringan untuk diseleksi lebih lanjut.

“Dari kader Demokrat, saya sendiri yang daftar sebagai bakal calon Bupati berpasangan dengan Ose Luan (Bacawabup), sedangkan Ansel Tallo tidak mendaftar karena mau fokus di parlemen. Ada juga kader Demokrat lainnya seperti Pak Arnaldo Tavarez yang mendaftar secara perorangan sebagai bacabup,” sebutnya.

Selanjutnya, menurut Lay, DPD Demokrat NTT akan memverifikasi berkas para kandidat dan kemudian akan melakukan survei sebagai bagian akhir untuk menetapkan paket (cabup-cawabup) yang bakal diusung partai (Demokrat).

“Saya memang kader partai dan pimpinan partai di daerah tapi belum tentu mutlak ditetapkan partai untuk bertarung dalam pemilihan bupati dan wakil bupati nanti. Soalnya, semua ini bergantung pada hasil survei. Itulah sebabnya, saya bersama Bapak Ose Luan terus sosialisasi diri ke masyarakat,” ungkapnya.

Bacabup Belu Arnaldo Tavarez mengatakan sudah siap bersaing dalam ajang pemilihan bupati-wakil bupati Belu mendatang. Karenanya, dia juga turut mendaftarkan diri di Partai Demokrat.

“Sebagai salah satu kader Demokrat, tentunya saya punya hak untuk calonkan diri sebagai bupati Belu. Saya siap bersaing dengan kader Demokrat lainnya. Kan penetapan partai berdasarkan survei jadi kita lihat saja,” ucap mantan anggota DPRD Belu ini.

Menurut Tavarez, selain dirinya mendaftar di Partai Demokrat, juga menjajaki sejumlah partai lainnya, seperti Partai Gerindra, PAN, PKB dan partai lainnya.

“Tanggal 10 April ini, saya akan daftar di Gerindra. Kebetulan partai ini akan buka pada tanggal 10 April ini maka saya juga akan daftarkan diri di sini. Saya daftar sebagai calon bupati. Untuk calon wakil bupati, saya masih jelajahi dulu,” tandasnya.

Informasi yang dihimpun, menjelang pelaksanaan pemilihan umum Bupati dan wakil Bupati Belu, sudah terdapat tiga partai politik yang menjaring bakal calon Bupati dan Wakil Bupati di antaranya NasDem, Demokrat dan Gerindra. Untuk NasDem, hanya terdapat satu paket yang mendaftar, dr. Valens Pareira-Cyprianus Temu dan Servas Manek yang mendaftar sebagai calon bupati. Di Demokrat terdapat dua paket dan dua orang cabup, sedangkan Gerindra lagi dalam proses penjaringan.

Pimilihan Bupati Belu bakal dihiasi lima paket di antaranya dr. Valens Pareira-Cyprianus Temu, Willybrodus Lay-JT. Ose Luan, dr. Greg Mau Billi-Johnisius Mali, Apolinario da Silva-Anton Suri dan Fence Abanit-Bonafasius Bowe. (*Davidson)