Gong Pilbup Belu Ditabuh 16 April 2015

ZONA LINE NEWS- ATAMBUA- Gong pemilihan umum Bupati dan wakil Bupati (Pilbup) Kabupaten Belu bakal ditabuh dalam pekan ini. Penabuhan ini akan ditandai dengan penyerahan DP4 dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) kepada KPU Belu.

KPU
Demikian disampaikan Jubir KPU Belu Elizabeth Botha saat ditemui Media ini di ruang kerjanya, akhir pekan Sabtu 11 April 2015.

Dikatakan Botha, sesuai dengan jadwal yang dimiliki KPU, tahapan pelaksanaan pilbup harus sudah dimulai sejak 16 April mendatang. pasalnnya, pihaknya saat ini tengah menyiapkan surat permintaan penyerahan DP4 dari Pemkab Belu kepada KPU.

“Penyerahan DP4 dari Pemkab Belu kepada KPU bakal dilaksanakan pada 16 April ini. Kita sudah koordinasikan dengan Pemerintah kabupaten dan akan bersurat yang secara khusus meminta DP4,” sebutnya.

Sebagai persiapan awal dimulainya tahapan pelaksanaan Pilbup Belu, KPU sudah mempersiapkan perekrutan tenaga PPK, PPS dan KPPS. Untuk PPK, dibutuhkan 5 orang, PPS 3 orang dan KPPS 7 orang.

Mengenai anggaran Pilbup Belu, Botha menyebutkan anggaran Pyang dibutuhkan KPU dalam melaksanakan Pilbup Belu di 12 kecamatan sebanyak Rp 16 miliar. Namun, masih akan ada lagi rasionalisasi anggaran karena perubahan regulasi.

“Memang dulu sebelum dikeluarkannya UU Pemilihan Umum terbaru yang hanya haruskan satu putaran, kita ajukan anggaran pemilu sebanyak Rp 16 miliar dengan asumsi dua putaran. Tapi, dengan adanya aturan terbaru ini, kita perlu koordinasi dan asistensi lagi dengan Pemkab Belu,” jelasnya.

“Anggaran pemilu yang kita ajukan dan yang disepakati memang Rp 16 miliar tapi kita masih harus asistensi lagi dengan Pemkab Belu untuk dapatkan anggaran pasti. Kita harap Pemkab Belu bisa segera responi permintaan kita akan DP4, juga anggaran pemilu,” tuturnya.

Ditanya soal kejelasan penyelenggaraan Pilbup Malaka, Botha mengatakan pihaknya tidak mempunyai kewenangan untuk menyelenggarakannya dan hal itu menjadi kewenangan KPU Provinsi NTT.

“Kan sudah dibentuk satuan kerja (satker) KPU yang berlokasi di Kecamatan Kobalima, Malaka walau belum ada pengisian. Pengisiannya pun menjadi kewenangan KPU Provinsi. Tugas kita adalah fokus siapkan Pilbup Belu,” terangnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Belu Wilhelmus Foni mengatakan pihaknya belum mendapat informasi secara tertulis dari KPU Belu mengenai penyerahan DP4 yang direncanakan pada 16 April pekan depan.

“Hingga saat ini, kita belum dapat surat permintaan penyerahan DP4 dari KPU Belu. Yang kita dapat hanyalah surat permintaan pencairan dana Pilbup. Jadi, Pemkab Belu belum bisa mengeluarkan DP4,” tandasnya.

Menyangkut anggaran Pilbup Belu, Foni mengungkapkan Pemkab Belu sudah menyediakan anngaran berkisar Rp 16 miliar. Saat ini pun, KPU masih terus berkoordinasi dengan Pemkab soal pencairan dananya.

“Kita harap KPU segera bersurat untuk kita serahkan DP4. Soalnya, DP4 sudah kita siapkan, tinggal diserahkan saja. Tapi, penyerahan ini harus dilakukan atas dasar permintaan tertulis dari KPU sehingga bisa memenuhi unsur formal legalnya,” ujarnya. (Davidson)