Mahasiswa IKTL Ancam Duduki DPRD Flotim

ZONALINENEWS, LARANTUKA – Puluhan mahasiswa Institut Keguruan dan Teknologi IKTL Larantuka (IKTL), Kabupaten Flores Timur (Flotim), mengancam akan menduduki gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) jika dalam waktu dekat tidak menghadirkan pihak yayasan dan rektor IKTL serta pihak terkait.

SIMON HAYON

SIMON HAYON

Salah satu mahasiswa, Maria Anastasia Niron, kepada wartawan, Jumad 10 April 2015 mengatakan, sebagai wakil rakyat, DPR juga turut bertanggung jawab terkait persoalan kampus IKTL yang diduga bodong. Apalagi lanjutnya, persoalan tersebut sudah diadukan ke komisi C DPRD Flotim beberapa waktu lalu.
Dalam dialog bersama anggota Komisi C DPRD beberapa waktu lalu, DPRD berjanji dalam waktu dekat akan mendatangkan pihak kampus serta dinas terkait untuk duduk bersama membahas persoalan tersebut.
“Kami sudah mengadu ke DPR sehingga saya harap DPR segera merespon persoalan ini untuk segera membuka forum dan mendatangkan pihak kampus sebagai pihak yang bertanggung jawab. Jangan cuma janji. Jika tidak kami akan melakukan aksi dengan ormas lainnya,” tegasnya.
Terpisah, mantan Bupati Flotim, Simon Hayon, saat dimintai tanggapannya, Jumad 10April 2015 mengaku kecewa dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Flotim yang selama ini terkesan apatis terhadap perkembangan  kampus IKTL.
Padahal, lanjut Hayon, ijin operasional IKTL tersebut diproses saat dirinya masih menjabat sebagai Bupati Flotim. Olehnya, jika saat ini terjadi persoalan, pihak kampus harus bertanggung jawab.
“Saya sangat kecewa dengan Pemda dan DPRD yang selama ini tidak lakukan pengawasan terhadap IKTL. Padahal IKTL ini merupakan aset daerah yang perlu diawasi. Pemda dan pihak kampus harus bertanggung jawab. Waktu itu saya masih menjabat sebagai bupati dan saya yang urus ijin operasionalnya di Dikti pusat. Ini merupakan kesalahan pihak kampus yang selama ini abaikan segala persyaratan kelayakan perguruan tinggi yang telah ditetapkan pihak Dikti,” ungkapnya.
Lanjut Hayon, Pemda Flotim seharusnya bangga dengan hadirnya sebuah perguruan tinggi di Larantuka. Karena menurut Simon, kehadiran universitas tersebut sangat membantu masyarakat yang hendak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Sehingga sangat disayangkan jika IKTL selama ini diterlantarkan pemda. (*amar)