Nusa Tenggara Timur Uouth Project Peduli Pembangunan NTT

ZONALINENEWS-YOGYAKARTA,-  Nusa Tenggara Timur Uouth Project (NTT YP) hadir untuk NTT lewat program-programnnya, sebagai bentuk peduli terhadap pembangunan NTT. Penghargaan the best project pada konferensi Pemuda Indonesia 2014 tahun lalu, diberikan kepada project Paulus Ronald Unan Bogar Nono, mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Padjajaran Bandung.

Nusa Tenggara Timur Uouth Project

Nusa Tenggara Timur Uouth Project

Project tersebut adalah Nusa Tenggara Timur Youth Project (NTT YP) yang terdiri dari tiga program, antara lain, NTT Membaca, NTT Live in, dan NTT Disapora Meeting.

Gelar the best untuk NTT YP ini tidak disia-siakan begitu saja. “Kalau sudah dapat gelar the best , merupakan tanggung jawab untuk merealisasikannya. Penghargaan the best pada Konferensi Pemuda Indonesia 2014, tidak kami  sia-siakan begitu saja. Kami kemudian membuat komunitas untuk menyukseskan NTT YP, ” ungkap Ochy, Kepala Divisi Hummas NTT YP Yogyakarta, Selasa 31 maret 2015, pukul 19.00 wita di Jogja.

Sampai saat ini, komunitas NTT YP sudah tersebar pada enam kota di pulau Jawa. Mulai dari Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan Denpasar.

NTT YP regional Yogyakarta ini memiliki kepengurusan yang mengelolah komunitas NTT YP.

Kepengurusan tersebut terdiri dari, ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, divisi pengembangan dan penelitian, fianancing, kreatif dan dokumentasi, Human Resources Development , dan Public Relation.

NTT YP Yogyakarta dengan kepengurusannya, selalu melakukan diskusi terkait isu-isu NTT setiap dua minggu sekali.

NTT YP Yogyakarta sejauh ini menurut Ochy , telah mendapat dukungan dari berbagai pihak. Mulai dari para sesepu NTT yang ada di Yogya sampai dengan berbagai perusahaan. Bahkan, pada kegiatan penggalangan buku utuk NTT, dengan tema Dari Yogyakarta untuk NTT April 2014 lalu, NTT YP mendapat dukungan penuh dari Mara Advertising Marketing. Perusahaan iklan ini membantu NTT YP mulai dari gedung, konsumsi, media, bahkan pendanaannya. Ada juga Halo KTP yang sudah mendukung program NTT Membaca dengan memberikan voucher karoke pada setiap penyumbangan sepuluh buku untuk NTT.

Ia menambahkan , NTT membaca sebagai program NTT YP yang telah mendapat banyak dukungan, merupakan program penggalangan buku, dengan target dapat mengfasiltasi rumah baca maupun perpustakaan di NTT. Harapannya, NTT Membaca dapat meningkatkan budaya membaca di NTT.

“NTT Membaca ini merupakan program yang dijalankan untuk penigkatan mutu pendidikan di NTT”, jelas Ochy.

Di sisi lain lanjutnya, NTT YP juga memiliki program untuk menjawab beberapa masalah sosial di beberapa desa di NTT. Program tersebut adalah NTT Live in. Suatu program yang memeberikan kesempatan bagi anak muda dari seluruh dunia untuk menetap di salah satu desa di NTT. Kemudian, anggota live in tersebut, melakukan penelitan serta project sosial untuk desa tersebut.

“Selain kedua program tersebut, NTT YP, memiliki program NTT Disapora Meeting. Program ini merupakan sebuah konferensi yang bertujuan menggerakan anak muda untuk membangun NTT melalui sebuah project. Semua anak muda diberikan kesempatan untuk membuat sebuah project yang sesuai dengan keahlian mereka masing-masing. Hasil dari project tersebut diimplementasikan dalam bentuk project unntuk NTT,” Katanya.

NTT YP regional Yogyakarat sangat mengharapkan partisipasi dari anak muda serta dukungan dari pemerintahan NTT dalam menyukseskan program-program mereka. “Saya harap mahasiswa NTT, dapat menjadi anak muda yang tidak dikenal untuk buat kericuhan saja. Kita anak muda mumpung masih bebas, bisa bebas melakukan apa saja,tapi dengan melakukan hal-hal yang postif. Di DIY saja banyak komunitas uyang peduli untuk Yogya, kenapa, kita tidak peduli dengan daerah sendiri? Kalau mahasiswa saja peduli dengan NTT, saya harap pemerintah juga lebih care dengan NTT, terutama dalam bidang pendidikan,”ngkap Ochy.(*alex)