OPNOMI Bentuk Dari Solidaritas Orang Muda Lintas Agama Di Kota Kupang

Zonalinenews – Kupang, Pada 16 April 2011 Walikota Kupang dan Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama Orang Muda Lintas Agama Komunitas peacemaker kupang (Kompak) telah meluncurkan Obor Perdamaian Nasional Orang Mudah Indonesia (OPNOMI), dan OPNMI sendiri telah diluncurkan juga di Jakarta Oleh Menteri pemberdayaan perempuan Dan Perlindungan Anak Yohana Yenbise. “OPNOMI ini berasal dari Kupang NTT, dari kebersamaan Pemuda GMIT dan Orang Muda Lintas Agama yang terdiri dari GP Ansor, HMI, GMKI, Keluarga Mahasiwa Hindu, Pemuda Budha dan Orang Muda Katolik sehingga 10 tahun ini penyelenggaraan Pawai Paskah tidak hanya transformasi nilainya untuk Orang Muda Gereja Kritiani saja. Tetapi dia menjadi salah satu perayaan damai sebuah soladaritas kemanusian yang kita bangun diantara orang muda.

Prosesi pawai kemenangan  paskah kupang 6  April 2015

Prosesi pawai kemenangan paskah kupang 6 April 2015

“Kata Ketua Badan Pemuda (BP) GMIT Kota Kupang Winston Rondo dalam sambutannya pada acara pelepasan peserta Pawai Paskah di Gereja GEMIT Anugrah Naikoten Kota Kupang, Senin 6 April 2015 pukul 15.30 wita.

Wilson mengatakan, satu mimpi besar kami mewujudkan Kota Kupang Dan NTT menjadi rumah besar persaudaraan, kerukunan dan toleransi. Menurutnya, semua ini menjadi spirit, semagat datar menjadi motifasi yang melandasi kerja – kerja Orang Muda lintas Agama dan terutama dipelopori oleh Pemuda GEMIT. “Emapat tahun yang lalu sejak peluncuran OPNOMI itu ada beberapa organisasi lintas agama yang kita bentuk begitu sangat kuat dan sudah menular kemana – mana untuk menaburkan kegiatan – kegiatan kebaikannya, untuk mempersatukan Orang Muda Agama, “katanya.

Dikatakan, kami yakin Kristus yang bangkit itu adalah Kristus yang memberikan  semagat baru yang menyadarkan  orang – orang muda yang menyatakan tidak, menyatakan, stop untuk pada prasaka kebencian sarah dlam bentuk apa pun. “Semua ini bentuk dari solidaritas keagamaan yang dilakukan Orang Muda Lintas Angama untuk menyatakan NTT pada bangasa ini bahwa orang muda di Kota Kupang di NTT sangat bersatu, “ujar Wilson

Wilson menambahkan, pawai Paskah tahun ini diikuti sebanyak 118 peserta, dan pawai paskah ini sendiri di Kota Kupang sudah menjadi wisata relegius untuk NTT setiap tahunnya, maka dari itu solidaritas pawai Paskah yang dilelenggarakan oleh pemuda GEMIT Kota Kupang  ini direncanakan di tahun – tahun mendatang bisa lebih besar lagi dan di ikuti lebih banyak peserta lagi. (*sari)