Penyidik KOMNASHAM Jejakan Kaki di Kabupaten Ngada

Tim Komnasham berdialog dengan Pedagang di  Ngada Flores

Tim Komnasham berdialog dengan Pedagang di Ngada Flores

Zonalinenews-Ngada, Tiga Penyidik Komisi Nasional Hak Azasi Manusia dibawah Pimpinan Rr.Johana Nunik Widianti, S.SOS.MA selaku Had Of Sub Division On Report Of Monitoring and Investigation tiba di Kabupaten Ngada Flores-NTT.

Pantauan media ini, Tim Penyidik Komnasham jejakan kaki di bumi Ngada 28 April 2015 dan langsung melakukan serangkaian kegiatan inverstigasi pada 29 April 2015. Disaksikan wartawan Tim Komnasham Pimpinan Rr.Johana Nunik Widianti, S.SOS.MA melakukan monitoring ke Pasar Inpres Bajawa dan bertemu langsung dengan puluhan pedagang yang sebelumnya dikabarkan mendapat kekerasan perlakuan kebijakan daerah di Kabupaten Ngada.

Menurut Ketua Tim Komnasham Rr.Johana Nunik Widianti, S.SOS.MA kehadiran Komnasham ini sehubungan dengan pengaduan para pedagang di Kabupaten Ngada bersama sejumlah forum masyarakat dengan laporan dugaan pelanggaran terhadap Hak Azasi sejumlah Warga Pedagang di Kabupaten Ngada. Dia menjelaskan, keberadaan Komnasham ini merupakan bagian dari uji lapangan dan pengumpulan bahan keterangan yang harus dilakukan secara langsung dan selanjutnya akan didalami lagi oleh Komnasham Pusat dan mengambil langkah-langkah rekomendasi atas hasil uji keterangan dan verifikasi data sesuai azas dan mekanisme Komnasham.

“Kami berada di Ngada dalam kaitannya dengan pengaduan para pedagang di Kabupaten Ngada bersama sejumlah forum masyarakat dan selanjutnya akan kembali mendalami seluruh data dan keterangan yang para pihak untuk dapat memberikan rekomendasi sebagaimana azas dan mekanisme Lembaga Komnasham. Saya tidak dapat mengurai lebih jauh dulu sebab Komnasham masih harus menemui sejumlah pihak dan kedatangan kami pun merupakan bagian dari proses uji lapangan atas pengaduan dan atensi yang sudah dikantongi Komnasham sebelumnya,”ungkap Nunik Widianti, S.SOS.MA.

 Pantauan media ini 29 April 2015 di Kota Bajawa, usai menemui pedagang di lokasi Pasar Inpres Bajawa, Tim Komnasham meneruskan perjalanan ke lokasi luapan lumpur panas Daratei Mataloko Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada. Disana Tim Komnasham disambut warga korban lumpur Mataloko. Usai meninjau langsung kondisi luapan lumpur Mataloko, Tim Komnasham bertatap muka bersama warga korban lumpur. Setelahitu Tim Komnasham kembali ke Kota Bajawa dan menemui Pimpinan DPRD Ngada yang disambut Ketua DPRD Ngada Helmut waso bersama Wakil ketua DPRD Ngada Yoseph Bei. Usai melakukan diskusi bersama unsur pimpinan Lembaga Dewan, Tim Komnasham melanjutkan agenda meninjau langsung lokasi Pasar Boubou Bajawa dan dilanjutkan dengan acara tatap muka bersama para pedagang yang berjualan di sekitar Pasar Inpres Bajawa di aula pertemuan Gereja MBC Bajawa. Dalam acara tatap muka ini Tim Komnasham berdialog langsung dengan para korban bersama sejumlah aktifis forum di daerah, yakni PMKRI, FKMND, Predator, Para Tokoh Ulayat dan para pedagang textil dan puluhan pedagang sembako di Bajawa. *(wrn)