Tiga Paket Daftar di Gerindra Belu

GerindraZona Line News- ATAMBUA- Hingga penutupan pendaftaran bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati (bacabup/bacawabup) di Partai Gerindra Belu, Selasa (14/4), terdapat tiga paket yang mendaftar. Ketiga paket itu di antaranya Paket Ventje Abanit-Bonafasius Bowe, Willy Lay-JT. Ose Luan dan dr. Valens Pareira-Cyprianus Temu.

“Dari ketiga paket ini, yang daftar terakhir adalah Paket dr. Valens Pareira-Cyprianus Temu. Keduanya daftar di Gerindra pada hari ini (Selasa, 14/4),” kata Ketua DPC Gerindra Belu Salmon Tonak kepada Wartawan,  Selasa 14 April 2015.

Tonak mengatakan pihaknya sudah menerima semua berkas pendaftaran para kandidat dan semua berkas yang sudah diserahkan itu sudah lengkap. Selain penelitian kecil terhadap berkas para kandidat, dilakukan juga wawancara singkat.

“Selain Paket dr. Valens Pareira-Cyprianus Temu yang daftar di hari terakhir, ada juga Pak Johny Mali yang daftar sebagai bakal calon bupati. Semua dokumennya pun sudah lengkap,” ungkapnya.

Sementara yang mendaftar sebagai bacabup pada hari-hari sebelumnya, rinci Tonak, adalah dr. Greg Mau Billi dan Apolinario da Silva, serta yang mendaftar sebagai bacawabup adalah Arnaldo da Silva Tavarez, Filomeno Sarmento dan Marthen Naibuti.

Johnny Mali, salah seorang bacabup Belu mengatakan dirinya sudah siap untuk mengikuti seleksi penjaringan yang dilakukan oleh partai politik (parpol) yang sudah dijajakinya.

“Kalau memang dalam seleksi penjaringan parpol saya dinyatakan pantas untuk bertarung dalam pilbup kelak, saya siap dalam segala hal. Saat ini, saya sudah daftar di dua partai, yaitu PKB dan Gerindra. Saya hanya daftar di dua partai ini karena sudah penuhi kuota sebagaimana diatur dalam PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum),” ujarnya.

Mengenai calon pendampingnya, Mali belum mau membicarakannya sebelum ditetapkan oleh parpol yang sudah dijajakinya itu untuk didaftarkan ke KPU Belu. Walau demikian, dirinya sudah mengantongi calon pendamping (bacawabup).

Sebelumnya, Ketua Panitia Penjaringan Bacabup/Bacawabup Partai Gerindra Belu Bonik Martinus menambahkan pihaknya sudah menerjunkan tim untuk melakukan survei terhadap para kandidat yang sudah mendaftar untuk kemudian bisa dibawa ke DPP Gerindra.

“Setelah penutupan pendaftaran ini, kita akan kirim semua berkas ke pengurus pusat (DPP) melalui pengurus provinsi (DPD). Kita juga akan lampirkan hasil wawancara dan survei yang sudah dilakukan terhadap para kandidat supaya dijadikan salah satu bahan pertimbangan partai dalam penentuan paket,” jelasnya.

Dikatakan Martinus, pihaknya selain menerima berkas para kandidat, juga melakukan wawancara singkat mengenai kelengkapan dan keabsahan dokumen sehingga tidak ada kandidat yang hanya menyetor nama saja.

“Di internal partai ini juga, ada kader kita atas nama Pak Marthen Naibuti daftarkan diri sebagai bacawabup. Ini dilakukan supaya  antisipasi kalau ada kader yang didorong dari pusat untuk dampingi salah satu bacabup, kita tidak kewalahan,” tuntasnya. (*Davidson)