Warga Menanti Pemda Ende Segera Perbaiki Jalan Rusak Di Woloweku

jalan rusak wolweku ende

jalan rusak wolweku ende

Zonalinenews-Ende, Warga menanti Pemerintah Daerah Kabupaten Ende  segera memperbaiki jalan yang rusak di Woloweku Kecamatan Ende Timur. Pasalnya rusaknya jalan diakibatkan tidak adanya Drainase, “ ungkap salah seorang Warga masyarakat, Andri Ndewa saat ditemui wartawan dirumahnya kamis 30 April 2015

Dikatakanya, pasca perbaikan di tahun 2011 diperkirakan baru setahun jalan yang menghubungkan Ende timur dan Ende tengah, mulai dari pasar wolowona, Kampus Universitas Flores, Rumah Sakit Umum Ende dan Gereja Pu’u Rere rusak berat sedangkan warga masyarakat Ende belum lama menggunakan jalan tersebut. Hal ini disebabkan pengerjaan proyek pembangunan jalan yang terkesan asal jadi sehingga berdampak pada macetnya akses transportasi baik secara ekonomi, kesehatan, dan pendidikan.

Ia menambahkan kondisi topografi disekitar area jalan woloweku yang sangat sempit dan memprihatinkan menyebabkan pegguna jalan baik roda dua dan roda empat maupun pejalan kaki takut untuk melintasi jalan tersebut. Pasalnya kondisi jalan tersebut sangat mengkwatirkan terjadinya kecelakaan bahkan Dia juga mengakui setahun yang lalu jalan ini sempat memakan korban salah seorang mahasiswa Akper Ende saat melintasi jalan tersebut.

Dionisius Loy Salah seorang Tukang ojek mengatakan jalu tersebut pada saat jam sekolah di pagi hari , terlihat banyak anak sekolahan datang terlambat akibat antrian bahkan banyak peristiwa unik sering kali terjadi di jalan tersebut mulai dari kecelakaan ringan hingga kecelakaan berat.

Ia berharap, pemerintah Ende sesegera mungkin memperbaiki jalan tersebut karena apabila jalan tersebut tidak segera diperbaiki maka akan meningkatnya angka kecelakaan ditempat.

Ketua forum Peduli Masyarakat Kecil (PFPMK), Adrianus So menegaskan pemerintah daerah Kabupaten Ende segera memprioritaskan pembangunan jalan raya tersebut untuk dimasukan kedalam rancangan pembangunan infrastruktur jalan pada rencana anggaran tahun ini. Pasalnya pemerintah daerah harus  segera memperbaiki kembali jalan rusak tersebut.

Ketua PFPMK berharap, tidak hanya jalan yang diperbaiki , tetapi saluran air juga harus dibangun sehingga jalan tersebut bisa bertahan lama dan jalan tersebut harus diperlebar kembali karena akan mempermudah bagi pengguna jalan raya sebagai salah satu langkah solutif untuk mengurangi angka kecelakaan disekitar area tersebut.

Kepala Dinas PU, Fransiskus Lewang ketika dikonfermasi terkait persoalan ini mengatakan dalam waktu dekat sekitar bulan April dan Mei Pemda akan segera membanggun dan memperbaiki jalan tersebut.

Menurutnya, jalan raya Woloweku Kecamatan Ende Timur merupakan salah satu jalan yang ditargetkan untuk dibangun di tahun 2015 ini karena total anggaran perbaikan jalan sebesar 3,5 myliar dan tidak hanya jalan woloweku tetapi semua jalan raya yang ada didalam kota akan diperbaiki dengan besaran dana sebesar Rp 3,5 Myliar. (*Marianus)