118 Ekor Sapi Ikut Lomba Tingkat Kabupaten Kupang

Lomba Sapi di Kabupaten Kupang

Lomba Sapi di Kabupaten Kupang

ZONALINENEWS – OELAMASI, Sebanyak 118 ekor sapi terbaik milik masyarakat Kabupaten Kupang diikut sertakan dalam lomba ternak Sapi tingkat Kabupaten Kupang yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Kupang melalui Dinas Peternakan Kabupaten Kupang di Kecamatan Takari Kabupaten Kupang, Selasa 26 Mei 2015 pukul 8.00 wita

Bupati Ayub Titu Eki dalam sambutannya sekaligus membuka perlombaan tersebut mengatakan, bahwa keunggulan bagi masyarakat Kecamatan Amarasi dalam pemeliharaan ternak sapi dikarenakan sistem pemeliharaannya sudah lebih kearah profesional dimana hewan sudah dikandangkan kemudian makanannya juga sudah disediakan oleh pemilik ternak. Dengan kata lain sapi tidur seperti bos dikandang dan pemilik sapi sibuk mencari pakannya.

Menurutnya, di Kecamatan  lain sifat pemeliharaannya masih dengan gaya melepas sapi dari kandang untuk mencari makan sendiri, dan pemilik sapi sendiri dimana hanya tidur – tiduran dirumah. “Petani ternak di Kabupaten Kupang harus  perlu menyiapkan makanan ternak yang cukup seperti lantoro, galah – gala, kingres dan lain-lain karena dengan begitu populasi ternak akan bertambah, kualitas dan bobot ternak semakin bertambah juga, “kata Ayub.

Ia berharap, petani ternak di Kabupaten Kupang harus tetap semangat dan teliti dalam melakukan pemeliharaan ternaknya masing – masing sehingga ternak – ternak , bisa mendapat peluang juara pada saat ajang – ajang perlombaan lomba ternak seperti saat ini.

Dalam sambutannya, Ayub juga menyingung adanya kerjasama antara pengusahan dengan Pemerintah Kabupaten Kupang dalam memfungsikan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) yang terletak di Desa Noelbaki Kabupaten Kupang itu. “Dalam waktu dekat RPH Kabupaten Kupang sudah bisa diaktifkan sehingg kita di Kabupaten Kupang bisa menjual sapi kita Keluar daerah sudah dalam bentuk daging saja bukan kita menjual sapi hidup lagi. Kita jual daging sapi yang sudah di bekukan ke luar daerah lebih untung untuk masyarakat petani ternak dari pada kita harus menjual sapi hidup, “ungkapnya.

Kadis Peternakan Kabupaten Kupang, Obed Laha dalam laporannya mengatakan kegiatan lomba Ternak ini merupakan agenda rutin Pemkab Kupang yang diselenggarakan setiap tahun dalam rangka mendorong pembangunan peternakan di Kabupaten Kupang dan memotivasi masyarakat untuk menghasilkan bibit ternak terbaik mengingat Kabupaten Kupang merupakan salah satu pemasok produk daging terbanyak di Provinsi NTT.

Dijelaskan Laha, keberhasilan pembangunan peternakan di Kabupaten Kupang telah banyak dinikmati oleh masyarakat terutama dalam bidang ekonomi dimana hasilnya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti biaya pendidikan anak sekolah dan lain sebagainya. (*hayer)