Jasad Korban KM Asia Raya Berhasil Ditemukan Tim SAR

Saat evakuasi korban Yosep Haki Amaunut

Saat evakuasi korban Yosep Haki Amaunut

ZONALINENEWS – KUPANG, Jasad Yosep Haki Amaunut (45) tahun salah satu kleder sapi yang tenggelam pada  saat KM Asia Raya terbakar . Korban tengelam pada peristiwa kebakaran yang yang memuat sapi sebanyak 624 ekor . Korban berhasil ditemukan oleh Tim SAR sekitar pukul 17.50 wita di sekitar lokasi kapal KM Asia Raya, tepatnya di pelabuhan Hansisi Pulau Semau Kabupaten Kupang, Senin 18 Mei 2015.

Kepala Kantor SAR Kupang, I Ketut Ardana pada kesempatan itu mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pencarian terhadap korban selama tiga hari lamanya dan belum berbuah hasil. Dalam pencarian tersebut beberapa Armada kapal dturnakan untuk melakukan pencarian diantaranya KSOP KMP 340, dua unit kapal Rescue Patroli, Kapal super 308, RIF 500 PK, dan beberapa perahu karet, namun hingga pukul 16.00 wita pihaknya belum juga menemukan hasilnya. Pada pukul 17.00 wita tim sementara menyisir perairan semau , pihaknya menfdapatkan laporan dari masyarakat setempat kalau di sekitar lokasi terdapat mayat, sehingga tim langsung bergerak ke TKP dan memang betul disana ada mayat dan tim langsung dievakuasi,”ujarnya.

Lanjutnya, Korban ditemukan didalam air laut, sehingga Tim SAR mengalami kesulitan saat melakukan evakuasi korban yang berada di tengah laut dengan kondisi jenazah yang sudah rusak dan membengkak sehingga korban sulit dikenali. “ Tim SAR langsung membawa jenasah tersebut ke pelabuhan dan langsunng membawa korban ke RSU Prof Dr WZ Yohanes Kupang dan selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga,”jelasnya.

Kepala KSOP Kupang Sumadi mengatakan bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Tim SAR yang telah berusaha melakukan pencarian dan evakuasi terhadap korban. “Pihaknya sempat meragukan keberadaan korban karena informasi yang simpang siur, pasalnya korban telah diselamatkan oleh kapal kayu milik nelayan sekitar wilayah semau, namun tidak ada sama sekali kabar tentang korban. “Setelah keluarga menyatakan bahwa kehilangan kontak dengan korban,maka kami pun memutuskan untuk melakukan pencarian terhadp korban dan meminta bantuan Tim SAR. Selanjutnya korban diserahkan ke pihak keluarga,” ujarnya

Sementara menurut Suwardi Jumlah sapi yang telah dievakuasi pada peristiwa kebakaran tersebut hingga sabtu 16 Mei 2015 pukul 21.00 wita sebanyak 559 ekor dan yang masih hidup sedangkan 65 ekor sapi yang sudah mati.(*Sari)