Paspampres Berhasil Lumpuhkan Perusuh di Kota Kupang

 Simulasi oleh Anggota TNI Wirasakti Kupang

Simulasi oleh Anggota TNI Wirasakti Kupang

Kupang, Zonalinenews, – Salah satu pendemo yang diduga sebagai biang kerusuhan dalam melakukan aksi demonstrasi di Bundaran PU Kota Kupang saat kedatangan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo berhasil dilumpuhkan Tim Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dari TNI AD Korem Wirasakti.

Saat mobil yang memuat Presiden RI melintas persis di depan Bundaran PU, Pelaku yang saat itu sedang melakukan aksi demonstrasi langsung berlari menuju mobil yang memuat orang nomor satu Indonesia tersebut dan hendak menabrakan dirinya ke mobil tersebut. Pasukan TNI yang saat itu dalam siaga satu, langsung digelandang menuju mobil Paspampres.

Aksi ini digelar oleh  Tim Paspamres TNI AD Korem Wirasakti Kupang, dalam kegiatan simulasi gelar pasukan pengamanan presidan yang akan berkunjung ke NTT pada bulan Juli mendatang. Kegiatan tersebut digelar mulai dari kedatangan Presiden RI di Bandara Udara El Tari Kupang hingga halaman Korem Wirasakti Kupang, Kamis 22 Mai 2015.

Komandan Korem Wirasakti Kupang, Brigjen. TNI A. Yuliarto saat ditemui di sela kegiatan tersebut mengatakan, gelar latihan ini merupakan bentuk pengamanan TNI AD dalam menjaga keamanan Presden RI. Selain itu latihan tersebut juga untuk menambah tingkat keamanan di wilayah NTT.

Yuliarto menjelaskan, dalam kegiatan itu Korem Wirasakti bekerjasama dengan komponen keamanan lainnya seperti, TNI AU, TNI AU serta kepolisian. “Dalam sistim pengamanan ini dibagi dalam tiga tingkat yakni, ring 1,2 dan 3. Dalam tiga ring ini ada komponen lain seperti TNI AU, TNI AL dan Polisi,” (*amar)