Pesawat Nam Air Terlantarkan Penumpang di Bandara El Tari Kupang

Pesawat Nam Air

Pesawat Nam Air

Zonalinenews,Kupang- Pesawat Nam Air diduga telah menelantarkan ratusan penumpang di bandara El Tari Kupang yang hendak berangkat ke Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Minggu 30-Mei 2015. Merasa diterlantarkan, ratusan penumpang mengamuk dan nyaris menghakimi para pegawai Nam Air yang berada di bandara El Tari Kupang. Pasalnya, para penumpang yang sudah cek in tersebut tiba-tiba dibatalkan penerbangannya dengan alasan yang tidak jelas.

Para penumpang juga merasa kecewa dengan pihak Nam Air karena para penumpang tersebut sudah melakukan cek in sejak pukul 12.00 wita, namun sampai pukul 02.00 wita tiba-tiba, petugas mengumumkan penerbangan dengan rute Kupang-Waingapu dibatalkan. Selain itu, para penumpang juga tidak diberikan snack maupun diberikan kompenisasi berupa penginapan bagi para penumpang yang tidak memiliki keluarga di Kupang.

Seorang penumpang, Mely (35) menuturkan, dirinya merasa kecewa lantaran dirinya telah dterlantarkan dan dipermainkan pihak Nam Air. Karena sejak dinyatakan batal, para penumpang tidak diberikan snack serta uang ganti rugi. Pada hal menurutnya, seharusnya pihak Nam Air memberikan uang ganti rugi serta makanan bagi para penumpang. Namun, hal itu tidak dilakukan pihak Nam Air, bahkan para penumpang hanya dikembalikan uang tiketnya.

“Sesuai aturan Nam Air harus ganti rugi, karena kami sudah hampir Lima jam menunggu disini. Kami tidak diberikan makanan, air saja tidak dikasih. Saya sangat kecewa dengan pihak Nam Air yang sudah terlantarkan kami. Saya akan tuntut hak saya, karena itu sesuai UU Penerbangan,” ungkapnya.
Mely juga mencontohkan, dirinya pernah mengalami hal yang sama ketika dirinya hendak berangkat ke Bali dengan menggunakan pesawat Lion Air. Namun, saat itu pihak Lion Air mengembalikan semua tiket serta memberikan snack sebanyak dua kali serta uang ganti rugi sebanyak Rp. 200. 000/ penumpang. “Saya pernah dengan Lion dan batal berangkat. Tetapi kami diberi snack dan uang ganti rugi. Jangankan makan, air aqua saja tidak diberi apalagi uang ganti rugi. Kalau pelayanannya begini, saya tidak akan naik Nam Air lagi,” tegasnya.

Andy Bayu salah satu penumpang yang hendak ke Bali. juga mengungkapkan kekesalannya terhadap pihak Nam Air. Ia mengungkapkan, seharusnya pihak Nam Air harus memberikan ganti rugi kepada semua para penumpang. Bukan menelantarkan penumpang seperti ini. Dirinya mengatakan, Ia serta penumpang lainnya sudah menunggu sampai pukul 12.00. namun, hingga pukul 17.00 pihak Nam Air belum mengabulkan permintaan para penumpang tersebut.

“Jangan bodohi kami, masa kami tunggu dari jam 12 tetapi tidak dikasih makan. Kami tuntut ganti rugi karena kami sudah dirugikan,” ujarnya.

Sementara itu, manager Nam Air, Boni, ketika hendak dikonfirmasi di area bandara tidak mau memberikan komentarnya. Bahkan, saat awak media mendekatinya dirinya langsung berlari menuju ruangannya.

Pantauan Zonalinenews, ratusan penumpang rela menunggu hingga malam menuntut agar pihak Nam Air memberikan ganti rugi, sambil berteriak memberikan ancaman terhadap para pegawai Nam Air. Hingga berita ini ditayangkan belum ada klarifikasi resmi dari pihak Nam Air terkait persoalan ini (*amar)


TAG