Puan Maharani Sebut Ende Layak Dijadikan Kota Soekarno

Puan Maharani

Puan Maharani

Zona Line News- Ende , Ende layak dijadikan Kota soekarno. Demikian diungkapkan Puan Maharani saat memberikan sambutan dalam upacara memperingati hari kebangkitan Nasional ke-107 dilapangan Pancasila Kota Ende Rabu, 20 Mei 2015.

Menurut Puan, Kabupaten Ende merupakan satu-satunya Kota yang berkontribusi besar terhadap bangsa dan Negara Indonesia. Pasalnya dikabupaten ende-lah soekarno merenungkan nasib dan masa depan bangsa serta dalam tenggang waktu yang cukub lama dan dalam situasi dan kondisi bangsa yang belum kondusif dan masih kritis dari keinginan untuk merdeka namun Soekarno dengan semangat revolusionernya menemukan lima butir Pancasila dalam renungannya dibawah pohon sukun yang letaknya dijalan Soekarno KM Nol (0) yang pada saat ini dinamakan Taman Pancasila.

Dikatakan dirinya baru pertama kali datang berkunjung di Ende, cerita tentang riwayat Soekarno yang pada saat beliau diasingkan di Ende, itu menjadi cerita bersejarah yang tidak bisa saya dan keluarga besar lainya melupakan itu. Karena di ende-lah Pancasila.

Puan menjelaskan kebangkitan nasional merupakan masa bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan dan kesatuan serta kesadaran sebagai sebuah bangsa untuk memajukan diri melalui gerakan organisasi modern yang sebelumnya tidak pernah muncul selama penjajahan.

“ Melalui peringatan hari kebangkitan nasional 107, marilah kita kenang kembali bagaimana semangat perjuangan bangsa besar ini untuk diambil sebagai teladan kita semua. Tuturnya.

jika dihitung dari titik awal kebangkitan nasional ditahun 1908 berati indonesia sudah berproses lebih dari seratus tahun menjdai bangsa yang berdaulat. Secara terus – menerus kita bergelut dengan perubahan, perjuangan bangsa indonesia belum berakhir, perjuangan ini akan terus abadi untuk menuju indonesia maju dan modern, berkeadilan, sejahtera, berdemokrasi serta bermartabat,”ungkapnya.

Puan juga menyinggung tentang visi dan misi jokowi-jk dalam membangun mental dan karakter bangsa yang menjadi salah satu prioritas pembangunan pemerintah indonesia yang kreatif, inovatif, berdedikasi, disiplin, kerja keras dan secara bergotong royong dalam mencapai kesejahteraan bersama

Pantaulan wartawan zonalinenews, Puan Maharani terlihat berbangga ketika dirinya datang berkunjung di Ende dalam upacara memperingati hari kebangkitan nasional ke-107 yang sangat meriah dirayakan olehnya dan masyarakat lainya dilapangan pancasila Ende, seusai upacara apel Puan Maharani turun dari atas podium untuk turut serta mengikuti tarian gawi ala Ende – Lio bersama masyarakat, dan ibu puan maharani juga menari menggunakan selendang dan didalam kerumunan masyarakat ende.

Puan juga berbangga ketika selepas dari acara gawi dirinya datang untuk melihat lebih dekat pohon sukun tersebut dan puan juga sempat menaiki pelataran dan berdiri diatas halaman pohon sukun sambil berjabatangan dengan masyarakat. (*Ryan Laka).