Aliansi Wartawan Independen Ngada Bentuk Tim Pencari Fakta Pemilukada

Pemilkuda

Pemilkuda

Zonalinenews-Ngada, Sejumlah wartawan penulis berita yang berkarya di Kabupaten Ngada Flores-Nusa Tenggara Timur , melalui agenda inisiasi Aliansi Jurnalis Independen Kabupaten Ngada, kepada Zonalinenews di Bajawa, 20 Juni 2015 menyampaikan keterangan Pers terkait rancangan partisipasi beberapa awak media di Ngada untuk mendukung pengawasan Pemilu Bersih di daerah melalui agenda pembentukan TPF Pemilukada atau Tim Pencari Fakta Pemilukada Kabupaten Ngada.

“Sebagai bagian dari elemen bangsa, saya dan kawan-kawan wartawan yang tergabung dalam Aliansi Wartawan Independen di daerah berinisiatif untuk segera mengkondisikan TPF atau Tim Pencari Fakta Pemilukada Kabupaten Ngada sekaligus untuk mendukung agenda Pemilu Bersih. Hal ini lahir dari hasil diskusi beberapa wartawan di Ngada yang salah satunya melahirkan sebuah agenda partisipasi Pemilukada untuk Ngada, ”ungkap Lexi Nunu, Kontributor Metro TV Ngada.

Mirip senada ditegas wartawan TVRI NTT biro Ngada dan Nagekeo, Aurelius Do’o. Menurut dia, rencana pembentukan TPF oleh wartawan di Ngada tidak bertentangan dengan azas kerja para jurnalis sebaliknya akan sangat membantu para wartawan dalam mendeteksi kondisi real daerah ataupun berbagai informasi Pemilukada yang selanjutnya dapat dipakai sebagai referensi advokasi pemberitaan terkait Pemilukada Ngada. Pasalnya, TPF Wartawan untuk Pemilukada sedang dipikirkan untuk dikembangkan dengan melibatkan elemen-elemen independen yang ada di daerah, ormas ataupun forum-forum pemerhati demokrasi bangsa sebagai bentuk peran aktif mensukseskan kerja pemajuan bangsa dan negara dalam scala perubahan. Sementara menurut Kontri TV One Ngada, Nano Riberu, TPF para Jurnalis yang dikembangkan atau dikreasi dengan elemen masyarakat sejalan dengan nafas Pers dalam kerja-kerja pencariaan berita dalam menayangkan kabar.

Ditegaskan, Tim Pencati Fakta tidak dimaksudkan sebagai penegasan Pemilukada akan bermasalah, tetapi merupakan langkah kontribusi advokasi dimensi partisipatif advokasi dalam mendukung proses Pemilu sehat di daerah.

“Inisiasi TPF dalam Pemilu adalah bentuk peran serta media dalam mensuport kepentingan seluruh kalangan termasuk pihak penyelenggara yang sejalan dengan nafas media”, tambah Riberu.  (*wrn)