Arapel Minta Pemkab TTU Cabut IUP PT ERI

Demo Arafel tuntut Pemkab  TTU Cabut Ijin PT ERI

Demo Arafel tuntut Pemkab TTU Cabut Ijin PT ERI

ZONA LINE NEWS, KEFAMENANU, Aliansi Rakyat Peduli Lingkungan (Arapel) bersama beberapa organisasi dan LSM seperti LMND, Front Mahasiswa Nasional (FMN), PMKRI Cabang Kefamenanu, Jaringan Advokasi Tambang (Jatam), LSM Lakmas, dan masyarakat Insana, Jumat 19 Juni 2015, berdemonstrasi di Kantor Bupati TTU dan rumah jabatan bupati setempat.

Demonstran menuntut penuntasan masalah tambang mangan oleh PT ERI di Desa Oenbit, Kecamatan Insana. Sebelum berdemo, massa berkumpul di marga siswa PMKRI Kefamenanu, kemudian  menuju kantor bupati untuk  menemui Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes. Sayangnya, bupati tidak berada di tempat. Massa pun bergeser menuju rumah jabatan bupati.

Meski terik menyengat, persis di samping Taman Kota Kefamenanu dan Rumah Jabatan Bupati TTU, massa berorasi dipimpin Nikolas Ataupah dan Eman Tulasi, didampingi Pater Yohanes Kopong Tuan.  Para demonstran ingin bertemu bupati, namun pada saat yang sama bupati melakukan pertemuan dengan ratusan bidan dan tenaga Medis se-kab. TTU di samping rumah jabatan.

Orasi massa Arapel berjalan kondusif lantaran dijaga ketat anggota Polres TTU, dipimpin Kasat Intelijen, AKP Basith Algadri, S. Kasat Sabhara, Martinus, Kasi Ops, AKP Djemi Gae L, serta Kasat Pol PP, Agusto Solokana.

“Kami tetap menuntut sampai kapan pun PT ERI harus mengangkat kakinya dari wilayah Oenbit (Insana-TTU). Jika terjadi sesuatu di kemudian hari, itu bukan kesalahan kami tetapi kesalahan pemimpin. Kami datang hanya untuk menuntut hak, “tegas Pater Kopong,

Dalam pernyataan sikap, massa mendesak Bupati TTU merealisasikan janjinya tanggal 28 Maret 2015 lalu agar mencabut IUP PT ERI pada Juni 2015 ini. Juga menuntut perusahaan segera menghijaukan kembali lahan-lahan yang sudah dirusaki selambat-lambatnya satu bulan. (Devv)