Jadikan Indonesia Negara Yang Maju Dan Mandiri

Tim Ekspedisi Nusantara Jaya

Tim Ekspedisi Nusantara Jaya

ZONALINENEWS – KUPANG, Kegiatan yang dilakukan tim Ekspedisi Nusantara Jaya di daerah pedalaman  maupun daerah perbatasan yang berkekurangan agar bisa mendekatkan Pemerintah dengan masyarakat pedalaman dan perbatasan tersebut. Selain itu kegiatan Ekpedisi Nusantara Jaya berasal dari Kementrian Pemuda Dan Olah Raga g bekerja sama dengan Kementrian Kemaritiman yang fungsi dan misinya menjadikan indonesia sebagai negara yang maju dan mandiri. Hal ini disampaikan  Dansatgas Ekpedisi Nusantara Jaya 2015 Lekol Pelaut Heri Prihartanto dalam sambutannya di Restoran Nelayan Kupang Pada acara buku puasa bersama antara tim Ekspedisi Nusantara Jaya dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang usai tim Ekspedisi Nusantara Jaya melakukan kegiatan di Kabupaten Kupang, Sabtu 20 Juni 2015 pukul 19.30 wita.

Lanjutnya Prihartanto, Kegiatan – Kegiatan tim Ekspedisi Nusantara Jaya untuk masayarakat di daerah pedalaman maupun daerah perbatasan antara lain berupa kesehatan pendidikan dan lain – lainya. Menurutnya, kegiatan yang saat ini di lakukan tim Ekspedisi Nusantara Jaya di  kecamatan Amarasi Kabupaten Kupang adalah kegiatan pendidikan, dan tim Ekpedisi Nusantara Jaya akan berlanjut dengan melakukan pemantauan tempat wisata dan tempat bersejarah yang ada di Kota Kupang pada tanggal 21 Juni 2015.

“Dari kegiatan – kegiatan yang dilakukan tim Ekspedisi Nusantara Jaya juga bisa membuat Bhinneka Tunggal Ika ini disatukan menjadi Indonesia Bahari bersatu yang maju dan kuat, “kata Prihartanto.

Kegiatan ini kata Prihartanto agar para tim Ekpedisi bisa mengetahui betapa begitu luasnya wilayah Negara Kesatuan  Republik Indonesia (NKRI). “Tim Ekspedisi Nusantara Jaya yang sudah berlayar selama 20 hari dilautan mengunakan KRI Banda aceh untuk melakukan kegiatan di daerah Makasar, Sorong, Samlaki dan NTT. Dan kegiatan Ekpedisi Nusantara Jaya ini adalah kegiatan  pertama yang terbesar selama ini di Indonesia, “katanya.

Ia berharap kegiatan ini kedepannya bisa lebih besar lagi sehingga bisa diikuti oleh generasi muda, mudi anak indonesia. Saat ini anggota tim Ekpedisi Nusantara Jaya sudah mencapai kurang lebih 20 ribu anggota. Selain KRI Banda Aceh yang digunakan tim Ekspedisi Nusantara untuk melakukan kegiatan, tim Ekspedisi yang lain juga melakukan kegiatan mengunakan kapal – kapal Perintis lainya.

Rofi Alhanif Kepala Bagian Program Kemenko Maritim pada kesempatan itu ia mengatakan, kegiatan ini sangat bagus untuk dijadikan pereratan tali persaudaraan sesama warga indonesia tanpa harus ada melihat dari sisi agama atau ras. Ia juga meminta terima kasih kepada Pemkab Kupang yang sudah menyempatkan diri untuk menerima semua kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh tem Ekspedisi Nusantara Jaya di Kabupaten Kupang.

“Dengan adanya kegiatan ini kita bukan hanya saja mempererat tali persaudaraan kita, tetapi kita juga bisa mengetahui sejauh mana kekurangan – keurangan yang dihadapi sodara – sodara kita yang berada di daerah pedalaman dan perbatasan yang kegurangan ini, “ktanya.

Pada kesempatan itu juga Kepada Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga (PPO) Kabupaten Kupang Yayuk Eko Yulia Hardanari berharap, dengan adanya kegiatan yang dilakukan tim Ekspedisi Nusantara Jaga di Kabupaten Kupang ini bisa membawa Kabupaten Kupang yang selama ini adalah salah satu daerah tertingal ini kedepannya bisa lebih maju lagi seperti daerah – daerah lain di wilayah indonesia bagian barat sana.

“Kabupaten Kupang ini sama memang sudah merdeka selama 70 tahun bersama dengan daerah lain namun, di Kabupaten Kupang ini masyarakatnya belum sama sekali merasakan kaemerdekaan tersebut karena pembaguna infakstruktur di Kabupaten Kupang kurang baik tidak sebanding dengan wilayah yang ada di Indonesia bagian barat. Masalah infakstruktur ini adalah masalah masalah terbesar di dearah Kabupaten Kupang. Pasalnya dengan kekurang infakstruktur ini membuat masyarakat Kabupaten Kupang sangat kecil mendapat pendidikan dan kesehatan yang lebih layak, “ungkapnya.

Saat ini Kabupaten Kupang katanya, adalah daerah yang sangat tinggi angka kematian untuk ibu dan anak. bahkan untuk mendapat ilmu pendidikan sendiri di Kabupaten Kupang bagi anak – anak masih sangat rendah. Dengan kekurangan – kekurang yang terjadi di Kabupaten Kupang ini kita berharap semua unsur yang terkait bisa mengadakan kegiatan – kegiatan yang bisa memajukan Kabupaten Kupang kedepannya bisa lebih baik lagi dalam bermagai masalah yang di Alami Kabupaten Kupang. (*hayer)