Jelang Ramadhan Remas Kota Kupang Bersihkan TPU Batukadera

Ketua Paniti pembersihan Kubur Ahmad Syarur Zaini  serta Ketua Remas Al- Mutakim Walikota serta anggota Remas Kota Kupang yang sedang melakukan pembersihan Kuburan

Ketua Panitia pembersihan Kubur Ahmad Syarur Zaini serta Ketua Remas Al- Mutakim Walikota serta anggota Remas Kota Kupang yang sedang melakukan pembersihan Kuburan

Zonalinenes-Kupang, Ratusan Remaja Muslim Kota Kupang menggelar aksi pembersihan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Batukadera Kota Kupang. Aksi pembersihan ini dilakukan pada Minggu 14 Juni 2015 pukul 07.00 -17.00 Wita. Ketua Panitia Pembersihan TPU Batukadere , Ahmad Sharul Zaini menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan , mengingat kepada masyarakat kota kupang khususnya umat muslim bahwa pentingnya menjaga lingkungan area perkuburuan. “ Biasanya menjelang bulan Suci Ramadhan Umat Muslim berziarah sekeligus membersihkan kuburan bagi Sanak sauadara yang telah meninggal dunia. Selain membersihkan kubur biasannya dilakukan ritual doa bagi keluarganya yang telah meninggal.

Menurutnya, kegiatan ini selain ibadah, juga memupuk tali persaudaraan diantara remaja Masjid serta bentuk kepedulian para remaja terhadap lingkungan.

Semantara Ketua Lintas Remaja Muslim Kota Kupang, Mustakim Lilo SH menjelaskan kegiatan pembersihan TPU di Batukadera merupakan, program tahunan dari lintas Remaja muslim Kota Kupang. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Bulan Suci Ramadahan. Selain pembersihan pekeburun , pihaknya juga mempunyai program di Bulan Ramadhan bersama seluruh Remaja Masjid (Remas) kota Kupang yang melibatkan tokoh-tokoh agama Kota Kupang “ Kegiatan buka puasa bersama dengan tokoh muda kota kupang akan dilaksanakan di Masjid Al Fitra Oesapa ,” Ujar Mustakim.

Selain kegiatan tersebut Lintas Remaja muslim Kota Kupang yang ditunjuk oleh Badan Komunikasi Pemuda Remaja Mesjid Indonesia (BKPRMI) sebagai panitia pawai Takbiran menjelang perayaan Idul Fitri mendatang. “Rencana pawai takbiran dengan rute berjalan kaki dari lokasi star kantor Gubernur NTT Jalan El Tari sampai garis Finish Kantor Bupati Lama (Selam) . Kegiatan ini rencananya akan melibatkan Remaja masjid Kota Kupang, bersama ormas Islam. diantara, GP Ansor (Baser), HMI, IMM, PMII serta Organisasi Kompak ,” tambah Mustakim.

Menjelang Ramadhan Kata Mustakim , Lintas Remaja Muslim Kota Kupang akan memberikan bantuan berupa bahan –bahan sembako kepada warga muslim di Sulamu Kabupaten Kupang.

Salah Seorang Warga RT 08 Kelurahan Airmata, Nani ketika dikonfermasi terkait aksi pembersihan TPU Batukadera oleh Lintas Remaja Muslim Kota Kupang sangat merespon dengan positif kegaiatan ini serta meminta agar kegaitan ini tahun depan bisa bergandengan tangan dengan pemuda kristen dalam pembersihan TPU Batukadera. “ Saya sangat mendukung kegiatan yang posisif ini mudah –mudaha tahun depan kegiatan ini bisa berlanjut dan mengandeng pemuda kristen,”ujarnya.

Ketua BKPRMI Kota Kupang,Haji Muhammad Syarul Nurawai pada kesempatan itu menjelaskan, kegaitan ini baik dan sangat positif, kegiatan ini jarang dialakukan oleh organisasi-organisasi muslim lainnya di Kota Kupang , Ini merupakan hal yang luar bisa .

Syarul meminta agar kegiatan jangan hanya terhenti disini tapi diusahakan tahun depan kegiatan ini bisa melibatkan pemuda yang lebih luas, yaitu mengundang pemuda linta agama di kota kupang. “ yang terpenting adalah remaja Masjid menciptakan nuansa keislaman dalam masjid maupun dalam lingkungan masyarakat,:pintanya.

Ditempat terpisah  Sekertaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Kupang , Haji Muksin Thalib S.Pdi merminta agar remaja maupun pemuda Islam tetap semangat dalam mendakwakan Islam. Kegiatan yang dilakukan remaja ini sangat sulit dilakukan kebanyakan orang pada umumnya , karena kegiatan ini merupakan kegiatan sosial hanya mengaharapkan ridho dari Alllah SWT. (*tim)