Korem 161 Wiraskti Gelar Latihan Tembak

Danrem 161 Wirasakti Brigjen TNI Achmad Yuliarto

Danrem 161 Wirasakti Brigjen TNI Achmad Yuliarto

Zonalinenews – Kupang, Korem 161/Wirasakti menggelar latihan menembak triwulan II sekaligus meresmikan lapangan tembak baru yang terletak di Desa Oematnunu, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang. Rabu 10 juli 2015,pukul 09.00 wita.

Lapangan tembak tersebut merupakan hibah lahan dari Masyarakat setempat yakni keluarga Laitutu yang begitu peduli terhadap kepentingan TNI-AD untuk kepentingan pertahanan Negara. Danrem 161/Wirasakti Brigjen TNI Achmad Yuliarto mengatakan kegiatan latihan menembak dijadwalkan setiap tiga bulan sekali dan kali ini merupakan jadwal latihan pada triwulan kedua dan dalam kesempatan ini turut mengundang unsur Forkompida NTT sekaligus dapat memperkenalkan lapangan tembak baru ini.

“Lapangan tembak ini juga merupakan bagian dari milik Masyarakat sehingga semua pihak turut memanfaatkan, menjaga dan merawat lapangan tembak ini, karena ini juga menjadi aset Masyarakat setempat dalam meningkatkan PAD,” jelasnya.

Dia menambahkan, pembangunan terhadap lokasi sekitar lapangan tembak akan segera dilanjutkan sehingga semakin membuka akses infrastruktur bagi masyarakat yang selama ini terisolasi.

Dia berharap dengan hadirnya lapangan tembak ini dapat memberikan kesempatan bagi para pemuda setempat untuk berlatih serta termotivasi untuk bergabung menjadi prajurit TNI-AD dalam mewujudkan persatuan, cinta tanah Air dan semangat dalam membela Negara.

Camat Kupang Barat Yesai Lanus mengatakan sebagai Pemerintah dan Masyarakat Kupang Barat sangat memberikan apresiasi kepada Korem 161/Wirasakti yang telah memberikan solusi terbaik dalam menghadirkan lapangan tembak di wilayah Desa Oematnunu.

“Selama ini di wilayah ini sangat teriolasi dan masyarakat pun masih hidup dalam kondisi yang biasa saja, namun saat lapangan tembak ini dibuka, ada perubahan dalam kehidupan masyarakat, terlebih terhadap ketersediaan infrastruktur, karena daerah ini salah satu Wilayah terpencil di kecamatan Kupang Barat, Selain itu dengan hadirnya lapangan tembak ini akan berdampak pada peningkatan Ekonomi Masyarakat setempat, terutama dalam mengangkut hasil bumi ke luar untuk dijual ke pasar,”himbaunya.

Pantauan Zonalinenews, di lapangan tembak tersebut yang menembak pada kesempatan pertama yakni Danrem 161/Wirasakti Brigjen TNI Achmad Yuliarto, Kapolda NTT Brigjen Pol Endang Sunjaya, Danlantamal VII Brigjen TNI (Mar) Denny Kurniadi, Danlanud El Tari Kolonel Pnb Andi Wijaya, Dir Sabhara Polda NTT Kombes Pol Johni Siahaan dan Wadan Lantamal VII Kolonel Laut (p) David Santoso.

Masing-masing peserta mendapat kesempatan menembak dengan menggunakan senjata organik Jenis M-16 dengan 10 butir peluru. Jarak tembak sejauh 100 meter, dengan sasaran tembak pada plat dan balon. Ketentuan dalam latihan yakni 3 peluru pertama sebagai bagian dari pengenalan, dan 7 peluru berikutnya menjadi penilaian tolak ukur kemampuan menembak dari para peserta. Para snapper bersiap di tempat yang telah disiapkan dan mulai menembak, setelah itu para peserta dapat menilai hasil tembakannya pada sasaran tembak, dan bergantian terus hingga latihan selesai dan dilanjutkan dengan ramah-tamah bersama.(*Sari)