Kota Kupang Juara Stand Pameran Pangan Lokal Terbaik di TTU

Tim  Kota Kupang

Tim Kota Kupang

Zonalinenews-Kefamenanu, Kota Kupang patut berbangga, karena kehadiran Tim Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kota Kupang yang mengikuti kegiatan lomba dan pemeran makanan lokal di Kefamenanu, Kabupaten TTU berhasil meraih juara di beberapa kategori lomba.

Kepala Bidang Penganekaragaman dan Konsumsi Pangan pada Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kota Kupang, Henny Lukas Selasa 23 Juni 2015 mengatakan, pihaknya bangga karena keikutsertaan tim Kota Kupang pada kegiatan tersebut bisa membawa hasil.

Henny menjelaskan, kegiatan tingkat Provinsi itu untuk memeriahkan Hari Pangan Sedunia dan diikuti seluruh Kabupaten/Kota Se-NTT. “Kegiatan ini tujuannya untuk menciptakan motivasi masyarakat agar gemar mengkonsumsi dan memproduksi makanan lokal. Sebab pangan lokal sebagai makan alternatif masyarakat dapat mendukung ketahanan pangan keluarga,” Katanya.

Tim Kota Kupang yang langsung dipimpin oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Kota Kupang, Ir. Clementina R.N. Soengkono itu hadir dengan jumlah peserta dua puluh lima orang, sepuluh di antaranya adalah peserta dari Tim Penggerak PKK, meraih Juara Pertama pada kategori Stand Pameran Pangan Lokal Terbaik, juara dua Lomba Cipta Menu Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dan juara harapan dua dalam Lomba Asah Terampil.

“Tim Penggerak PKK Kota Kupang langsung menangani Lomba Cipta Menus B2SA dan kami bersyukur karena mendapat juara juga di kategori itu,” kata Henny.

Dia juga menjelaskan, pada stand pameran tim Kota Kupang, mereka menyajikan unsur-unsur ketahanan pangan, mulai dari unsur ketersediaan sumber makanan berupa tanaman sebagai sumber karbohidrat, protein nabati juga ada ikan dan ayam sebagai sumber protein hewani. Tim Kota Kupang juga menampilkan unsur pengolahan hasil pangan dan unsur konsumsi.

“Stand kami penuh selama pameran. Buku tamu yang kami sediakan juga penuh terisi, padahal tidak semua tamu mengisi buku tamu,” kata Henny yang dengan antusias juga menjelaskan, stand Kota Kupang ramai melayani pengunjung yang ikut mencicipi materi pameran untuk unsur konsumsi, yakni pangan lokal berupa bubur jagung, ketupat nasi jagung kacang hijau.

Pantauan Zonalinenews Kegiatan di lapangan Oemneu Kefamenanu itu juga dimeriahkan dengan kunjungan seluruh kontingen Kabupaten / Kota ke Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang ada di Kota Kefamenanu dan kunjungan ke lokasi Penggemukan Sapi. Peserta pameran berasal dari 20 kabupaten/kota. Dua kabupaten yang tidak mengikuti kegiatan itu adalah Kabupaten Kabupaten Nagekeo dan Sabu Raijua. Wakil Gubernur NTT, Benny Litelnoni, yang membuka kegiatan itu pada Selasa 9 Juni 2015.

Sejumlah pejabat hadir pada pembukaan kegiatan di lapangan Oemneu Kefamenanu – TTU itu, Wakapolda NTT, Kombes Pol Sumartono, Kepala BKP2 NTT, H Husen, Bupati TTU, Raymundus Fernandes, Wakil Bupati TTU, Aloysius Kobes, Wakil Walikota Kupang Hermanus Man, anggota Forkopinda Kabupaten TTU, unsur tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat di Kefamenanu. (*Theny Panie)