Masyarakat Adonara Kecewa Dengan Bupati Flotim dan Wabup

Bupati Kabupaten Flores Timur (Flotim) Yoseph Lagadoni

Bupati Kabupaten Flores Timur (Flotim) Yoseph Lagadoni

Zonalinenews, Larantuka-Paripurna III, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Flores Timur (Flotim) dengan agenda laporan hasil reses DPRD Flotim diketahui masyarakat Adonara kecewa dengan masa Pemerintahan Bupati Yoseph Lagadaoni Herin dan Valentinus Tukan. Pasalnya pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat Adonara tidak perhatikan.

Hal ini diketahui dengan laporan hasil reses anggota DPRD Flotim, Agustinus Boli dan Ignasius Kopong Tukan di beberapa tempat di Pulau Adonara.

Agustinus Boli dalam paripurna yang berlangsung pad Rabu, 03 Juni 2015 menuturkan, masyarakat Adonara, Khususnya Kecamatan Adonara Tengah dan barat mengaku kecewa dengan pemerintah Flotim yang seolah-olah mengabaikan pengeluhan masyarakat yang suda disampaikan sebelumnya. Masyarakat Adonara saat reses yang dilakukan belum lama ini diketahui, adanya beberapa kebutuhan yang belum di jawab oleh pemerintah setempat.

“kebutuhan masyarakat yang dikeluhkan diantaranya jalan, Pembangunan sekolah di beberapa tempat di Adonara, kebutuhan akan sarana air bersih, dan usaha produktif masyarakat yang belum di perhatikan oleh pemerintah kabupaten,”jelasnya.

Ia melanjutkan, mendukung penuh agenda besar diantaranya, Sekolah Menengah Atas (SMA) Adonara Tengah di Negerikan. “secara individu mengharapkan SMA Adonara Tengah segera di Negerikan secepatnya. Hal ini dilakukan untuk mendukung Sumber Daya Manusia (SDM) di Adonara Tengah, karena kemajuan suatu wilayah bergantung dari persediaan kualitas SDM yang di miliki,”tegas Boli.

Katanya lagi, dengan menegerikan SMA itu, akan melayani 13 desa di Kecamatan Adonara Tengah dan desa- desa di Adonara Barat yang berdekatan dengan sekolah itu. Ia mengungkapakan, SMA Adonara Tengah baru berjalan 1 tahun dengan total siswa 90 orang, dengan memiliki satu ruang kelas, sementara untuk pembebasan lahan sudah dilakukan masyarakat setempat.

Anggota DPRD lainnya asal Adonara Ignasius Kopong Tukan, kepada wartawan menuturkan, masyarakat Adonara masih mengharapkan adanya jaringan Pelayanan Listrik Negara (PLN) dibeberapa desa di Adonara, yang hingga kini belum di akses jaringan listrik. Ia melanjutkan, selain listrik masyarakat Desa Waiwadan juga mengharapkan adanya pembangunan jembatan tambatan perahu, karena selama ini masyarakat setempat mengalami hambatan dalam melakukan bongkar muat barang dan ikan. (*Polce Atakey)