NJOP Di Kota Kupang Mengalami Kenaikan

Kepala Dinas Pendapatan Daerah  Kota Kupang Jeffry Pelt

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Kupang Jeffry Pelt

ZONALINENEWS – KUPANG, Sesuai Undang – Undang nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah. Maka dari itu kenaikan Pajak Bumi dan Bagunan (PBB) harus sesuai  penetapan Nilai Jual Objek Pajak (NGOP) bumi setinggi – tingginya kenaikan ada pada titik 80 persen dari harga tanah dipasaran. “Penetapan NJOP bumi Kota Kupang tahun 2015 baru berkisar antara 13,26 persen sampai dengan 28,50 persen dari harga pasar, “ungkap Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Kadispenda) Kota Kupang Jeffry Pelt kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu 24 Juni 15 pukul 12.30 wita.

Menurutnya, Seleuruh tanah di Kota Kupang mengalamai kenaikan NJOP, dan kenaikan NJOP sesuai dengan hitungan akurat. Lanjutnya Jeffri, di Kota Kupang kenaikan NJOP status tanah pasaran berkisar dari 77 ke 74. “Contoh saja seperti tanah milik salah satu warga dijalan  R.W. Monginsidi yang dulunya NJOP hanya 160 ribu sekarang meningkat menjadi 285 ribu. Maka dari itu masyarakat jangan pernah melihat angka jumlah total akhirnya, tetapi masyarakat harus bisa melihat dari segi kelas tanah tersebut terlebih daluhu sehingga masyarakat sendiri tidak merasa kenaikan NJOP ini sangat merugikan masayakat sendiri, “katanya.

Dikatakan, apabila NJOP tanah naik sudah pasti nilai jualnya juga ikut naik dan ini sangat menguntungkan untuk masyarakat sendiri Karena harus dilihat lagi dengan kelas tanah tersebut. “NJOP yang bisa naik itu harus dilihat juga dari letak tanah. Apakah, tanah itu kawasan pertumbuhan ekonomi, atau berdekatan dengan kantor pemerintahan. Faktor ini yang membuat NJOP bisa meningkat larena tanah tersebut, tanah strategis, “ungkapnya.

Kenaikan besar NJOP katanya, sebagai dasar penanganan PBB ditetapkan tiga tahun sekali untuk penilaian massal sedangkan untuk wilayah khusus dan potensial ditetapkan setiap tahun dengan surat keputusan Walikota Kupang.

“Yang dimaksud dengan wilayah khusus tersebut seperti gedung hotel Aston di Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang. Sudah tentunya wilayah ini berdasarkan surat keputusan Walikota Kupang kita akan melakukan penanganan PPB setahun sekali, “jelas Jeffry.

Jeffry menambahkan, perubahan ZNT Kota Kupang yakni pada tahun 2010 yang dilakukan oleh KPP Pratama Kupang, seharusnya perubahan berikutnya pada tahun 2013. Namun baru dilaksanakan pada tahun 2015, Maka dari itu Kenaikan NJOP di Kota Kupang baru dilakukan kenaikan oleh Dispenda Kota Kupang di tahun 2015 ini. (*hayer)