NTT Dapat Anggaran Destinasi dan Pemasaran Wisata 11 Milyar Tahun 2015

Anggota DPR RI Jefri Riwu Kore

Anggota DPR RI Jefri Riwu Kore

Zonalinenews-Kupang, JERIKO Center siap mengawal implementasi anggaran sebesar Rp. 11.352.497.000 yang telah diperjuangkan Anggota DPR RI Jefri Riwu Kore untuk NTT di Kementerian Pariwisata Tahun Anggaran 2015. “Ini sebagai bentuk tanggungjawab beliau tidak saja pada perjuangan anggaran tetapi harus ada pengawasan sebagai anggota DPR RI yang membidangi pariwisata. Anggaran 11 milyar lebih itu ada di Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata dan Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Kemenpar.11 Kabupaten yang merupakan daerah pemilihan Pak Jefri Riwu Kore semuanya dapat, “ungkap Juru Bicara Jeriko Center , Ian Haba Ora ketika dihubungi Sabtu 6 Juni 2015 pukul 18.00 wita.

Dikatakan, program tersebut menyebar ke 11 kabupaten/kota yang merupakan daerah pemilihan pak Jefri yaitu Kota Kupang, Kupang, TTS, TTU, Belu/Malaka, Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sabu Raijua, dan Rote Ndao. Termasuk destinasi pariwisata yang ada di Ende dan Manggarai Barat.

Jefri Riwu Kore melalui Jeriko Center Menurut Ia Haba Ora memberikan keleluasan pada masyarakat untuk mengakses langsung kuota jumlah anggaran tersebut melalui Jeriko Center sehingga bisa sama-sama memantau penggunaan anggaran yang akan dikucurkan ke kabupaten/kota tersebut. “pengelolaan anggaran ini harus transparan, Pemerintah dan Pemerintah daerah harus jujur pengelolaan anggaran tersebut sehingga potensi atau destinasi wisata di NTT bisa mendukung harapan dari program tersebut,”Jelas Ian.

Sementara Anggota DPR RI ,Jefri Riwu Kore yang dihubungi via telepon mengakuBahwa tahun 2015 ini NTT dapat 11 milyar lebih program destinasi dan pemasaran pariwisata.

“Tahun 2015 ini anggaran Pariwisata untuk Kemenpar tidak terlalu besar namun NTT paling banyak kuotanya. Saya sudah koordinasikan dengan beberapa kepala daerah untuk terus membantu dalam melihat potensi-potensi pariwisata di daerah, nanti kebijakan dan anggaran akan kami dukung dari DPR, ”ungkap Jefri.

 Melalui Jeriko Center Lanjut Jefri saya sudah istruksikan untuk mengawal program tersebut bersama masyarakat agar tidak terjadi penyelewengan nantinya di daerah, demikian juga saya telah menghubungi beberapa LSM dan forum warga.

 Jefri merinci 11 milyar anggaran tersebut akan turun ke daerah sebesar Rp. 1.576.500.000,- di Sumba Barat Daya dan Rp. 76.500.000,- masing-masing di Sumba Barat, Sumba Tengah, Sumba Timur,, Sabu Raijua, Rote Ndao, Kupang, TTS, TTU, dan Belu. Sedangkan Kota Kupang mendapat kuota anggaran Rp. 6.791.887.000,-. Sedangkan dana yang ada di Deputi Pengembangan Pemasaran Wisata untuk Kabupaten Manggarai Barat dan Ende mencapai Rp. 1.400.000.000,-. Demikian juga untuk dana pada bidang Asdep Pengembangan Kompetensi SDM di NTT mencapai Rp. 895.610.000,-. Dana-dana tersebut yang ada di Kemenparkraf.

“Realisasi destinasi wisata perlu ditingkatkan lagi, banyak potensi-potensi wisata yang belum terjamah, kepala daerah harus mampu untuk sinergi dengan wakil-wakil rakyat asal NTT baik di pusat maupun daerah, “Kata Jefri. (*tim)