Tantangan dan Peluang Pengusaha NTT Hadapi MEA 2015

Kadin NTT Rapat koordinasi di Hotel Aston

Kadin NTT Rapat koordinasi di Hotel Aston

Zonalinenews-Kupang,-   Guna meningkatkan Ekonomi masyarakat NTT serta menghadapi tantangan dalam membangun Ekonomi NTT baik kerjasama secara Nasional dan Internasional, pemerinta NTT mengajak masyarakat bekerjasama dengan  para pemangku kepentingan sehingga bersama mewujudkan Ekonomi NTT yang lebih baik dalam mempersiapkan NTT yang saat ini masuk dalam master plan Negara Dunia Ketiga. Demikian diungkapkan Wakil Gubernur Drs.Benny A.Litelnoni SH,M.Si dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan seminar Rapat Koordinasi KADIN-NTT diiringi lantunan pembuka petikan sasando di hotel Aston kupang yang di hadiri 15 Kabupaten dari 22 kabupaten yang menjadi anggota KADIN Nasional yang ada di NTT.

Menurutnya pertama yang harus di lakukan dalam menghadapi pasar global adalah mengembangkan potensi daerah-NTT dalam segala sektor Terkait mengahadapi pasar global tersebut.

Wakail Ketua Umum KU KADIN Nasional bidang Perbankan dan Financial Rosan Roeslani mengatakan pertumbuhan ekonomi suatu Negara tergantung supply dan demand kebutuhan Negara tersebut serta sumber daya manusia yang menjadi kunci utama dalam menghadapi tantangan pasar global ASEAN 2015. Kepala Kadin Nasionalpun mngatakan siap bersama masyarakat NTT , para pengusaha dan pemerintah untuk berupaya mnjadikan NTT berkembang dan maju dalam bidang industri sehingga sluruh sumber daya alam yang ada di bumi NTT di kelola sendiri.

Sementara Ketua Kamar Dagan Dan Industri NTT Ir. Abraham Liyanto pada kesempatan tersebut mengutarakan salah satu program KADIN yakni meningkatkan pertumbuhan pembangunan ekonomi masyarakat guna memberantas kemiskinan, meningkatkan mutu pendidikan, sektor peternakan, kelautan, maritim, pariwisata dan lainnya yang dapat mendukung ekonomi daerah agar siap menghadapi MEA 2015.

Lanjutnya, untuk menembus pangsa pasar dan agar produK NTT unggul dalam persaingan pasar bebas telah di bentuk kerjasama NTT dalam pertemuan segitiga bersama Negara luar yaitu Darwin, dan Dili. Dalam Seminar tersebut hadir juga pakar pengamat ekonomi Prof.Didin Rohmini, Dirjend Kementerian Kelautan Sahut Hutagalung, dan rombongan pengurus KADIN Nasional dari Jakarta dan para Undangan sekita 100 orang. Dalam rangkaian acara tersebut sekaligus penyerahan hadiah kepada para atlet muda NTT yang berprestasi dari Ketua Kadin NTT dan Kadin Nasional sebesar Rp. 10.000.000,00.(Cesi Seke)