Wakil Menhub Sebut Tambulaka salah satu Bandara terbaik di Indonesia Timur

Kepala Bandara Tambulaka Yones Yukef Keraf

Kepala Bandara Tambulaka Yones Yukef Keraf

Zonalinenews, Sumba Barat Daya. Ditangan Yohanes Y Keraf, Bandara Tambulaka Sumba Barat Daya menjadi salah satu Bandara terbaik di Indonesia Timur. Hal ini dibuktikan dengan berbagai fasilitasi yang melebihi standart yang dimiliki bandara ini. Sejak tahun 2014, bandara Tambulaka telah mengoperasikan tiga operator penerbangan, yakni Garuda Indonesia, Wings, dan Transnusa. Ketiga operator penerbangan ini melayani rute di Nusa Tenggara Timur dan Bali, diantaranya Tambulaka-Kupang, dan Tambulaka-Bali untuk semua operator penerbangan.

Menurut Kepala Bandara Tambulaka Yones Yukef Keraf, terpilihnya Bandara Tambulaka menjadi salah satu Bandara terbaik di Indonesia Timur karena jumlah arus penumpangnya yang terus meningkat tajam. Menurut data Bandara Tambulaka, jumlah arus penumpang yang masuk Tambulaka dari Januari hingga Mei 2015 mencapai 257.055 penumpang, atau 18.310 penumpang tiap triwulan.

Mengantisipasi jumlah penumpang yang terus meningkat, mengharuskan pengelola Bandara Tambulaka terus berbenah. Pada tahun 2015, telah direncanakan perpanjangan Runway dan perluasan taxiway serta pembangunan terminal Bandara yang menelan anggaran milliaran rupiah. Sementara fasilitas lainnya seperti ruang VIP sudah rampung dibangun sejak tahun 2014 lalu. “Kita terus berbenah karena tuntutan penumpang yang semakin berbeda setiap tahunya,” ujar Yohanes Y Keraf.

Dengan pesatnya perkembangan Bandara Tambulaka ini, telah mengubah status bandara Tambulaka yang semula bandara dengan status Bandara Kelas Satu menjadi Bandara Kelas Dua. Hal ini diikuti oleh Bandara-bandara lain di NTT, seperti Bandara Labuan Bajo, Bandara Waingapu, Bandara Ende, dan Bandara Maumere.“Disaat mendatang, Bandara Tambulaka akan menjadi pintu masuk di provinsi NTT,” ujar pria berkumis ini.

Sementara itu, Wakil Menteri Perhubungan dalam kunjungannya di Bandara Tambulaka bulan Mei 2015 menyatakan, Bandara Tambulaka mengalami peningkatan yang sangat pesat, baik dari sisi fasilitas dan pelayanan maupun dari sisi arus penumpangnya. Wamenhub menilai, secara fisik bandara Tambulaka sudah sangat memadai menjadi pintu masuk di Provinsi Nusa Tenggara Timur. (rafik)