Loaksi sumber air di  Desa Kualin TTS

Warga Desa Kualin TTS, Keluhkan Air Bersih

Loaksi sumber air di  Desa Kualin TTS

Lokasi sumber air di desa Kualin TTS

Zonalinenews -Soe , Warga masyarakat Desa Kualin Kecamatan Kualin Kabupaten Timor Tengah Selatan keluhkan air bersih. Pasalnya kekeringan yang melanda desa tersebut sangat memprihatinkan, lantaran semua mata air yang berada di desa tersebut kering.“ Air yang sebenarnya menjadi kebutuhan hidup sehari-hari sulit didapat . Akibat dampak kekeringan dialami warga desa kualin. Warga  berharap bantuan pemerintah sehingga  bisa mengatasi kekeringan yang melanda daerah tersebut,” demikian disampaikan Merson Tony, salah satu warga masyarakat desa  kualin saat ditemui wartawan di Kualin Selasa 22 Juni 2015.

Dikatakan  merson , masyarakat Desa Kualin mengusulkan agar bisa mendapat sumur bor sehingga petani bisa bercocok tanam.

“Kami masyarakat kualin sangat mengharapkan bantuan dari pemerintah agar kami bisa keluar dari kondisi yang sekarang kami alami,”ungkap merson.

Hal ini juga disampaikan wakil ketua komisi tiga DPRD TTS , Roy Babis yang  berasal dari daerah pemilihan(Dapil Kabupaten TTS. Roy  mengatakan terkait kekeringan, dan persoalan di desa Kualin perlu adanya refleksi diri masing-masing, baik pihak eksekutif maupun pihak legislative. untuk ssaling enabtu agar warga desa kaulin beas dari permaslahan krisis air bersih. “Bantuan yang dianggarkan untuk Kecamatan Kualin baik itu  infrastruktur maupun bantuan lain yang terus mengalir ke kecamatan tersebut  sampai  saat ini belum  tepat sasaran. Pasti  ada sesuatu yang terganjal dalam bantuan tersebut,”tanya Roy.

Roy menjelaskan , persoalan air bersih di desa Kualin untuk antisipasi sementara harus ada sikap tegas dari pemerintah agar bantuan itu tepat sasaran. Masalah air bersih sangat berpengaruh bagi kebutuhan sehari-hari, misalnya kebutuhan ekonomi, pendidikan maupun pertanian.

Bantuan yang diberikan pemerintah Kabupaten TTS, berupa mesin penghisap air tetapi di lokasi tersebut tidak ada sumber mata air yang bisa dijadikan sasaran loaksi pemasangan mesin penghisap air tersebut. “ Mata air yang dijadikan sasaran  sangat kecil untuk menempatkan mesin penghisap air,” ujarnya.

Ia menambahkan, kebutuhan air bersih sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itu perlu adanya perhatian khusus dari pihak eksekutif maupun pihak legeslatif, sehinga masyarakat Desa Kualin bisa keluar dari persoalan yang sekarang dialami tidak terus berkelanjutan tapi bisa berakhir pada tahun ini. “Penanganan keluhan masyarakat Desa Kualin terkait kebutuhan air bersih semestinya ditangani dengan serius agar bisa keluar dari kemelut ini,”pinta Roy . (*Syam)