9 Tersangka Ditahan dalam Perkara DAK Dinas PPO TTU

Para Tersangka, saat akan Diberangkatkan ke Rutan Kefamenanu

Para Tersangka, saat akan Diberangkatkan ke Rutan Kefamenanu

Zona Line News- Kefamenanu, Akhirnya tibalah saat yang dinanti-nantikan oleh masyarakat Kabupaten Timor Tengah Utara, di mana pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), menahan sembilan orang tersangka yang terlibat kasus dugaan korupsi dana alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Kabupaten TTU.

“Para tersangka ini ditahan karena dikhawatirkan akan melarikan diri, mengulangi perbuatan, dan juga menghilangkan barang bukti. Hal ini dilakukan karena sesuai dengan ketentuan Pasal 21 ayat 1 KUHAP,” tandas Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejari  Frengky Radja di Kefamenanu saat jumpa pers, Senin 29 Juni 2015 malam.

Lanjut Franky, ada sembilan orang tersangka yang ditahan di Rutan diantaranya Mantan Kepala Dinas PPO TTU Vinsensius Saba (kini menjabat kepala BPD), Mantan ketua panitia pengadaan barang dan jasa, Edmundus Fallo (kini menjabat Kabid Tendik Dinas PPO TTU), Sekretaris panitia, Serfinus Tefa, Anthonius Kapitan (anggota), Paulus Karpada (anggota), Petrus Kendjam (anggota), Yosef Tanu (anggota), Gabriel Paseli (anggota), Jefry Totomone (kontraktor).

“Mereka ditahan setelah sejak pagi diperiksa sebagai saksi di Kejari Kefamenanu. Usai pemeriksaan, status mereka dinaikkan menjadi tersangka.

Pengacara para tersangka, Luis Balun, meminta agar sembilan tahanan ini secepatnya disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang agar perkara mereka menjadi jelas.

Total anggaran DAK yang menjadi pokok persoalan dalam perkara ini adalah Rp 47.524.696.099 untuk alokasi sejumlah kegiatan.

Upaya menindaklanjuti kasus korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan selama tiga tahun anggaran yakni tahun 2008, 2009 dan 2011 pada Dinas PPO Kabupaten TTU terus dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kefamenanu. Pasca ditahannya para pelaku proyek DAK bidang pendidikan seperti  panitia tender, panitia perencana, panitia pelaksana maka Kejari Kefamenanu telah menahan para tersangka untuk dilakukan pemeriksaan terhadap beberapa saksi kunci sekaligus pejabat penting di Kabupaten TTU. (Devv)