Arus Mudik Lebaran di Bandara El Tari Kupang 2015 Meningkat

ARUS MUDIK BALIK ELTARI selasa 21 Juli 2015

ARUS MUDIK BALIK ELTARI selasa 21 Juli 2015

Zonalinenews – Kupang, Selasa 21 Juli 2015 Pihak Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT)  memprediksi puncak arus balik Lebaran 2015 akan terjadi pada hari ini (H+3).

“Diprediksi hari ini (selasa) merupakan puncak arus balik para penumpang yang sebelumnya telah mudik, baik ke luar NTT maupun yang balik ke kampung halamannya di NTT,” kata Kepala Posko Lebaran Bandara El Tari Kupang, Gabriel Lusi Keraf.

Puncak arus balik di Bandara tersebut menurutnya karena hari ini merupakan hari terakhir cuti bersama, baik oleh pegawai negeri sipil (PNS) maupun oleh para pengawai swasta yang bekerja di wilayah Kupang dan sekitarnya.

Disamping itu, proses sekolah belajar mengajar sekolah-sekolah dan juga yang akan mulai berjalan normal pada esok hari (Rabu), dan liburan panjang semester ganjil untuk perguruan tinggi, sehingga jika Gunung Raung tidak bermasalah di hari ini dan seterusnya, prediksi angkasa pura I akan tepat.

Dari data yang diperoleh,pada  H+1 (19 Juli) sampai H+2 (20 Juli) arus balik terlihat ada peningkatan. Yakni dari 2.262 penumpang dan 28 pesawat di H+1 naik menjadi 2.273 dengan jumlah pesawat sebanyak 29 penerbangan.

“Untuk hari ini sendiri kami prediksikan bisa mencapai 2.800an penumpang yang akan kembali ke Kupang dan sekitarnya untuk memulai aktivitas bekerja mereka,” tuturnya.

Ia menjelaskan, untuk mengantisipasi membeludaknya arus balik di Bandara El Tari, pihaknya tidak melakukan startegi khusus, namun ia hanya berharap agar para pemudik yang berasal dari Jakarta dan Surabaya tidak terkendala dengan aktivitas Gunung Raung.

Sementara itu, terkait meningkatnya jumlah pemudik yang menggunakan jalur transportasi udara di Bandara El Tari di tahun ini menurut Gabriel mengalami peningkatan sebesar 45 ribuan penumpang  dari H-15 sampai H-1, di bandingkan dengan 2014.

Namun jika dihitung perhari peningkatannya bisa mencapai 50 persen dari pada jumlah kepadatan penumpang di Lebaran 2014 lalu.

“Hal ini dikarenakan beberapa hari lalu sejumlah ASDP di Kupang tidak beroperasi akibat cuaca buruk yang mengakibatkan angin kencang dan ombak. Sehingga jika dihitung dalam angka bisa mencapai 45 ribuan penumpang yang berangkat di Lebaran tahun ini, sementara tahun lalu hanya memncapai 31.114 penumpang, ” tuturnya.

Kemudian jumlah pesawat yang terbang juga meningkat. Peningkatan tersebut terlihat dari banyaknya pesawat yang diberangkatkan. Lebaran tahun ini khususnya dari H-15 sampai H-1 ada  sekitar 492 pesawat telah  diberangkatkan baik untuk wilayah NTT maupun pesawat yang terbang ke luar NTT.

Sementara itu untuk pesawat yang diberangkatkan  pada lebaran tahun 2014 hanya mencapai 385 pesawat.(*cesy)