Bantu Anak Kanker IRC Gelar Ngabuburit Bareng

Yayasan Kasih Anak Kanker Yogyakarta (YKAKY) peduli

Yayasan Kasih Anak Kanker Yogyakarta (YKAKY) peduli

Zonalinenews Yogyakarta. Untuk membantu anak kanker yang ada di Yayasan Kasih Anak Kanker Yogyakarta (YKAKY) sejumlah anak muda yang tergabung dalam Indonesia Reggae Community (IRC) menggelar ngebuburit bareng. Acara ngebuburit bareng sendiri dilakukan di Depan Istana Negara Km Nol, Jalan Malioboro Yogyakarta, pada Sabtu 4 Juli 2015. Acara tersebut mulai dilaksanakan dari pukul 16.00-24.00 Wib.

Kepada Zonalinenews, Ketua IRC Bayu Andika mengatakan, kegiatan ngebuburit bareng anak reggae ini sebagai bentuk kepedulian IRC dengan melakukan aksi social yang telah diagendakan oleh IRC. Kegiatan tersebut lanjutnya, dibuat untuk menggalang dana yang dilakukan oleh IRC untuk membantu anak kanker yang ada di YKAKY.

“ Jadi ini salah satu kegiatan social kita, dan ini kegiatan amal kita untuk membantu sesama saudara kita anak kanker yang saat ini sangat membutuhkan uluran tangan kita,” ujarnya.

Dia menambahkan, acara ngebuburit bareng bersama dengan anak reggae yang digelar oleh IRC juga menepis image yang selama ini negative ditengah masyarakat. Dimana anak reggae menurut masyarakat selalu akrab dengan narkoba dan miras. Namun lanjutnya, dengan kegiatan ngebuburit bareng ini, anak reggae ingin menunjukan bahwa anak reggae dapat melakukan aksi social yang bermanfaat bagi masyarakat. “ Malam ini juga kita mau menunjukan kepada masyarakat bahwa kami tidak akrab dengan narkoba dan miras, kami bias melakukan aksi sosil dengan melakukan pengumpulan dana yang nantinya di donasikan kepada anak kanker,” ujarnya.

Dia menambahkan, dana yang dihasilkan dari acara ngebuburit bareng bersama IRC sebesar Rp. 4,5 juta lebih. Dana tersebut lanjutnya, diserahkan sepenuhnya kepada YKAKY. “ Semua dana yang dihasilkan dari kegiatan ini nanti kita serahkan semuanya kepada YKAKY. Dan dana yamg dikumpulkan oleh teman-teman sebesar Rp. 4,5 juta lebih sudah kita serahkan kepada ketua YKAKY,” ujarnya.

Dia menambahkan, IRC bukan baru pertama kali melakukan kegiatan social seperti ini, karena sebelumnya IRC juga melakukan kegiatan social lainya seperti penghijauan. Kedepan tambah Bayu, IRC akan melakukan kegiatan social lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat umum. “ malam ini bukan pertama kali kami lakukan kegiatan social, tapi sebelumnya kami sudah lakukan kegiatan social lainya seperti penghijauan. Sehingga kedepan kami juga pasti akan rencanakan lagi untuk melakukan kegiatan social yang bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua YKAKY Eka Wibawa mengatakan, dirinya sangat berterima kasih kepada IRC yang sangat peduli dengan anak kanker. Menurutnya, dana yang di kumpulkan oleh IRC dari kegiatan amal tersebut akan digunakan untuk dana operasional YKAKY. “ Tentu kita sangat bersyukur dan berterima kasih kepada IRC yang telah peduli dengan anak kanker. Dana ini nantinya akan kami gunakan sebagai dana operasional kami,” ujarnya.

Dia mengatakan, saat ini YKAKY menampung sekitar 98 anak kanker dari berbagai daerah di Yogyakarta. Dengan banyaknya anak kanker yang ada di YKAKY dia mengaku masih membutuhkan bantuan dari semua pihak yang tergerak hatinya dengan kondisi anak kanker. “ Saat ini kami sangat mengharapkan uluran tangan dari semua pihak untuk membantu akan kanker. Baik bantuan itu berupa dana, maupun bahan baku seperti makanan, sayur-mayur, susu dan makanan lainya,” ujarnya.

Pantauan Zonalinenews di lokasi kegiatan, acara ngabuburit bareng diisi dengan beberapa performance dari beberapa kelompok regae yang berada di Jogjakarta. Mereka juga mempersembahakan lagu-lagu dari legenda reggae seperti Bob Marley,dan lagu reggae ciptaan sendiri. acara Ngebuburit bareng juga diisi dengan pembacaan puisi yang mengkritisi praktik korupsi di negeri ini. Acara Ngeburit bareng ini juga menyedot banyak penonton yang menyaksikan performance dari IRC. (Tommy Mnulangi)