Bupati Kupang Sebut Pemerintah dan Pengusaha Mitra

Bupati Kupang Ayub Titu Eki

Bupati Kupang Ayub Titu Eki

ZONALINENEWS – OELAMASI, Pemerintah dan pengusaha adalah mitra kerja dalam membangun suatu daerah Kabupaten, maka dari itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang melalui Badan Penanaman Modal Dan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPMP2T) Kabupaten Kupang, Gelar acara temu kemitraan antara Pemerintah Kabupaten Kupang bersama Investor luar dan pengusaha lokal Kabupaten Kupang.

Kabupaten Kupang yang memiliki begitu luas lahan dan kaya akan potensi alam tentunya bila dikelola dengan baik maka dapat memberikan hasil yang besar bagi peningkatan taraf hidup masyarakat sendiri. Hal ini disampaikan Bupati Kupang Ayub Titu Eki dalam sambutannya sekaligus acara kemitraan antara pemerintah dan pengusaha di Aula Kantor Bupati Kupang Oelamasi, Selasa 7 Juli 2015 pukul 09.30 wita.

Menurut Ayub, pertemuan ini merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah untuk membangun sebuah hungan yang harmonis bersama dengan elemen masyarakat dan diantaranya adalah pengusaha lokal asal Kabupaten Kupang. Lanjutnya, dengan adanya kegiatan pertemuan ini bukan kita hanya sekedar melakukan pertemuan bisa – biasa saja tetapi dalam pertemuan ini tentunya kita akan melakukan juga pemhasan berbagai masalah pembagunan di Kabupaten Kupang. Sehingga apa yang menjadi kendalah dalam melakukan pembagunan di Kabupaten Kupang kita bisa tuntaskan agar kedepan pembagunan di Kabupaten Kupang ini bisa menjadi lebih baik.

“Membahas berbagai masalah pembagunan yang ada di Kabupaten Kupang, bertukar informasi, evaluasi bersama semua ini demi mempercepat proses kelancaran pembagunan di Kabupaten Kupang. Dan yang terpenting lagi pertemuan ini dalam rangka untuk penyamaan presepsi dan sebangai bentuk evaluasi antara pemerintah dan pengusaha, “Kata Ayub.

Ia mengatakan, untuk investor yang ada di Kabupaten Kupang sendiri adalah potensi pambagunan  mengingat sumber anggaran pembagunan daerah yang terbatas sehingga kehadiran investor – investor sendiri  yang akan menambah pendapatan asli daerah tersebut. yang dapat meningkatkan nilai tambah dan nilai guna tanah yang ada dan memberikan manfaat bagi pembangunan di daerah Kabupaten Kupang ini.

“Keberadaan investor yang mengembangkan usahanya di Kabupaten Kupang tentunya pihak investor juga dapat nantinya akan  menyerap masyarakat Kabupaten Kupang juga untuk menjadi tenaga kerja diperusahaan tersebut, “jelasnya.

Sumber pendukung kemajuan daerah adalah katanya,  masyarakat yang mendukung dan berperan dalam bentuk partisipasi masyarakat, karena masyarakat bukan sebagai obyek pembangunan semata tapi juga sebagai subyek pembangunan.

“Saya berharap Semua unsur usahawan dan investor yang berminat untuk menanamkan sahamnya di Kabupaten Kupang ini untuk dapat berkerja harus secara baik dan penuh dengan kesungguhan, “pintanya.

Ia menegaskan, bagi pegusaha yang mengerjakan proyek – proyek
pemerintah untuk memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan sesuai dengan regulasi dan aturan yang ada.

“Ada berbagai proyek yang dikerjakan asal-asalan dan merugikan kepentingan umum, untuk itu saya minta agar mengerjakan proyek harus sesuai dengan apa yang sudah direncanakan dari awal proyek tersebut. Pengusaha yang mengerjakan proyek di Kabupaten Kupang ini jangan saja hanya mengejar keuntungan, tetapi pengusaha tersebut harus memiliki tanggungjawab moril yang tinggi dalam melaksanakan pekerjaan. Sehingga pekerjaan – pekerjaan proyek tersebut tidak terkesan pekerjaannya asal jadi saja, “kata Ayub.

Kepala Badan Penanaman modal dan Pelayanan PerijinanTerpadu Kab.Kupang Drs. Yohanes Muna dalam laporannya menyatakan bahwa BPMP2T terus berupaya meningkatkan investasi di Kabupaten Kupang melalui berbagai strategi salah satunya ialah dengan membangun komunikasi dengan pengusaha dan para investor. Ketika para investor berinvestasi di Kabupaten Kupang tentu dampaknya sangat besar bagi masyarakat seperti terbukanya lapangan pekerjaan dan penghasilan baru bagi masyarakat guna mengurangi pengangguran. Selain itu, hal lain yang dilakukan dengan membuka diri bagi pengusaha lokal yang ada untuk berpartisipasi dalam pembangunan di daerah dan dapat memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Kupang, untuk itu pemerintah sebagai mediator dan fasilitator terus melakukan upaya-upaya menyiapkan regulasi yang memudahkan pertumbuhan dunia usaha, menciptakan isentif bagi pengusaha dan membuka jaringan dengan pihak luar dalam menciptakan pola usaha kemitraan yang saling menguntungkan.

Ia juga berharap peluang dan potensi yang ada di Kabupaten Kupang semakin dikenal luas dan diminati oleh para investor. (*hayer)