DPRD Kota Kupang Habiskan Dana 600 Juta Untuk Reses

Sekwan Kota Kupang . Adrianus Lusi

Sekwan Kota Kupang . Adrianus Lusi

ZONALINENEWS – KUPANG, Sebelum memasuki pembukaan  sidang dua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang seluruh anggota Dewan Kota Kupang harus melakukan reses di Daerah Pemilihan (Dapil) masing – masing. Dana yang sudah disiapkan untuk kegiatan reses bagi setiap anggota Dewan sebesar 15 juta, sehingga jumlah total dana reses yang dikeluarkan untuk 40 anggota Dewan menghabiskan dana sebesar 600 juta. Hal ini disampaikan Sekertaiat Dewan (Sekwan) Kota Kupang Adrianus Lusi kepada wartawan diruang kerjanya, Jumat 24 Juli 2015 pukul 13.30 wita.

Dikatakan, kegiatan reses ini dilakukan seluruh anggota Dewan Kota Kupang selama kurang lebih enam hari, sejak 22 Juli hingga 27 Juli 2015 mendatang disetip dapil anggota dewan  pemilihan masing – masing. “Dana yang dikeluarkan kepada setiap anggota Dewan yang melakukan reses sebesar 15 Juta. Dana ini semua untuk kepantingan kebutuhan sewa kursi, tenda, sound system dan konsumsi dilokasi reses dapil masing – masing anggota Dewan yang terhormat, “jelasnya.
yang akan dilangsungkan pada bulan Agustus mendatang. Maka dari itu  sejak tanggal 22 Juli 2015 kemarin beberapa anggota DPRD Kota Kupang sudah melakukan Reses untuk mendengar aspirasi masyarakat dimasing – masing dapil anggota Dewan tersebut. Hal ini disampaikan Sekertaiat Dewan (Sekwan) Kota Kupang Adrianus Lusi kepada wartawan diruang kerjanya, Jumat 24 Juli 2015 pukul 13.30 wita.

Menurut Lusi, sebelum melakukan pembukaan sidang dua pada bulan Agustus mendatang seluruh anggtota Dewan harus melakukan reses didapil  masing – masing sehingga bisa menanpung aspirasi masyarakan untuk dibawa dan dibahas pada sidang dua DPRD Kota Kupang Agustus nanti. “Reses yang dilakukan seluruh anggota Dewan ini sangat penting. pasalnya, ketikan sidang dua nanti aspirasi masyarakat dari hasil reses itu yang akan dibahas disidang mendatang, “katanya

Dana reses  para anggota Dewan saat ini katanya, jika dibandingkan dengan biaya sewa sarana penunjang kegiatan reses, memang terhitung kurang karena biaya sewa tenda, kursi, dan sound saat ini sudah semakin mahal. Namun hal tersebut tidak bisa dihindari, karena selain keterbatasan dana yang dimiliki, jumlah dana tersebut juga sudah disetujui oleh DPRD Kota Kupang pada saat sidang Satu yang lalu.

Lanjutnya Lusi, Terkait sidang Dua DPRD Kota Kupang tahun ini,  terdapat tiga agenda pokok yang akan dibahans dalam sidang dua nanti. Tiga agenda pokok itu terdiri dari, pembahasan Kebijakan Umum Anggaran, atau KUA dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara, atau PPAS anggaran murni tahun 2016, KUA dan PPAS perubahan tahun 2015, dan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, atau APBD tahun 2015. “Untuk sidang tiga DPRD Kota Kupang nanti DPRD Kota Kupang Bersama dengan Pemerintah akan membahas agenda pokok tentang APBD Kota Kupang tahun 2016. (*hayer)