Dua Pilot di Bandara El Tari Kupang Positif Gunakan Narkoba

Tes Urine Kru pesawat 14 Juli 2015

Tes Urine Kru pesawat 14 Juli 2015

Zonalinenews – Kupang, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Nusa Tenggara Timur (NTT) gelar tes urine, bagi sejumlah kru pesawat di bandara El Tari Kupang, Selasa 14 Juli 2015 pukul 05.00 wita. Kegiatan ini bertujuan untuk mencegah agar mengetahui para pilot, co pilot , pramugari dan pramugaranya yang mengkonsumsi narkoba dan alkohol atau tidak  pada saat melakukan kegiatan penerbangan. Kegiatan ini juga dilakukan agar bisa mencegah terjadinya kecelakaan pesawat sejak dini sebelum kajadian lain yang tidak diinginkan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP NTT Yoseph Gadhi mengatakan dalam pemeriksaan urine tersebut BNNP memastikan dua pilot positif menggunakan Narkoba, namun untuk sementara pihak BNN Propinsi NTT belum bisa memastikan jenis Narkoba apa yang terindentivikasi dari hasil tes urine dibandara El Tari Kupang.

Menurutnya, kegiatan tes urine ini telah dilakukan sejak pagi pukul 05.00 wita dan berakhir hingga akan berahir hingga pukul 23.00 wita. “Mengingat pesawat terakhir adalah Lion Air. Dari hasil pemeriksaan urine semenjak pagi tadi, diperkirakan telah mencapai 99 kru pesawat yang mengikuti tes. Diperkirakan ada sekitar 120 kru pesawat yang akan mengikuti tes urine ini, sebab saat ini kami masih menunggu dua penerbangan terakhir lagi,” ujarnya.

Yoseph menjelaskan, selain dilakukan tes urin  bagi sejumlah kru pesawat bandara, beberapa waktu lalu BNN P NTT telah melakukan tes urine  di sejumlah terminal keberangkatan bus dan salah satunya di terminal Oebobo Kupang lalu untuk para sopir angkutan perkotaan maupun sopir bus angkutan dalam Provinsi. “Dalam pemeriksaan tersebut yang digelar terdapat ada sejumlah 115 sopir dan kenek bus yang diperiksa tidak ada satu oarang pun yang terindikasi saat melakukan aktifitasnya sedang mengunakan narkoba atau meminum minuman beralkohol. Maka dari itu semau sopir dan kenek yang terjaring pemerikasaan hasilnya sagant negatif. Tidak ada yang terindikasi mengunakan narkoba atau minuman beralkohol tersebut, “ungkapnya.

Dalam waktu dekat ungkap dia, pihaknya juga akan melakukan tes urine di pelabuhan Tenau Kupang yang difokuskan kepada kru – kru kapal. “Kita berharap pada saat pemerikasaan tes urine terhadap seluruh kru kapal yang ada di pelabuhan Tenau Kupang nantinya hasil positif tidak ada atu anggota kru kapal yang terindikasi narkoba atau meminum minuman beralkohol pada saat melakukan aktifitas pelayaran. Dalam kegiatan ini kita juga berharap semua elemen bisa ikut untuk menyukseskan program 100 ribu rehabilitasi  pecandu narkoba yang dicanangkan presiden Joko Widodo,”jelasnya. (*Sari)