Jeriko Siap Ikut SBY Menangkan Figur Demokrat di Pilkada Serentak

SBY dan JerikoZonalinenews-Jakarta, Ketua Majelis Tinggi/Ketua Umum Partai Demokrat Prof. DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan seluruh kader untuk bersama menyukseskan pilkada serentak.

“Kader harus memprioritaskan memenangkan sebanyak mungkin pemilihan langsung kepala daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota,” pesan SBY saat menutup Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat (Rapimnas PD), hari pertama, di Hotel Sultan Jakarta, Sabtu 4 Juli 2015. Rapimnas diikuti kader dari Pengurus Pusat, Fraksi PD DPR RI, Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) se-Indonesia.

SBY juga berpesan, sistem pemilihan langsung baik pilkada ataupun pilpres maka yang paling penting adalah sosok sang calon bukan partai pengusungnya. Partai Demokrat juga harus memiliki tujuan agar lebih banyak lagi kader yang menjadi gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota, wakil walikota. “Kemenangan-kemenangan di pilkada akan bermakna sangat penting dalam jalan atau sarana menuju tujuan memenangkan pileg dan pilpres,” ujar SBY yang disambut tepuk tangan dari ribuan kader.

Ayahanda dari Ibas Yudhoyono juga memberi motivasi dari pengalaman sejarah pilpres tahun 2004. Pasangan SBY-JK waktu itu hanya didukung Partai Demokrat, PBB, dan PKPI, atau hanya 10% suara di parlemen. Tapi, sejarah membuktikan SBY-JK mampu menang suara putaran pertama. Pertarungan jadi tidak berimbang lagi pada putaran kedua, dimana SBY-JK hanya didukung Demokrat yang suaranya 7,5%. Ditambah dukungan PKPI, PBB, dan PKS. Koalisi dinamakan koalisi kerakyatan yang berhadapan dengan partai besar seperti PDIP, Golkar, PPP, dan PDS. Hasilnya, koalisi yang hanya 15% suara berhadapan dengan 85% jumlah suara parlemen, SBY-JK tetap menang pilpres tahun 2004.

“Untuk itu, kader harus benar-benar mengajukan kandidat terbaik dalam pilkada mendatang. Jika kader berkerja keras, percayalah bahwa Partai Demokrat akan kembali menjadi partai pemenang pemilu 2019,” tutup SBY.

Saat yang sama, Koordinator Wilayah Partai Demokrat (Korwil PD) untuk pilkada serentak tahun 2015 Jefri Riwu Kore atau Jeriko yang juga baru usai dilantik sebagai Ketua Dewan Pengurus Pusat Pendidkan Nasional Partai Demokrat (DPP Diknas PD) sesuai arahan Ketum SBY maka ia bersama rekan-rekan partai telah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mendorong kader-kader terbaik dan berkualitas untuk menjadi kepala daerah pada pilkada serentak yang akan dilakukan 9 Desember nanti.

Jeriko mengaku, ia bersama tim pilkada yang terbentuk telah melakukan penjaringan dan saat ini telah selesai tahapan feed and propert test. Hasilnya telah ada pada Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bapillu PD) Ibas Yudhoyono. “Semoga dalam waktu dekat telah ditetapkan dalam bentu Surat Keputusan,” ujar Jeriko.

Korwil bersama tim pilkada yang terdiri dari DPD dan DPC juga telah membangun komunikasi politik dengan partai lain untuk mengusung calon pada wilayah-wilayah tertentu yang bukan basis PD sesuai dengan perkembangan dinamika politik wilayah tersebut. “Kami telah mengadakan komunikasi dan kerjasama dengan parpol lain apabila harus berkoalisi untuk memenuhi syarat minimal jumlah kursi atau jumlah suara sesuai peraturan perundang-undangan,” aku Jeriko pada awak media.

Ia pun menambahkan, calon yang diusung tidak harus kader partai tetapi yang diprioritaskan adalah sosok calon sesuai arahan SBY. Dibeberapa daerah PD harus berkoalisi. Paling utama adalah calon memiliki bukti nyata kerja untuk rakyat dan track record yang dapat dipertanggungjawabkan. Semuanya telah diatur dalam mekanisme internal partai.

Ian Haba Ora juru bicara sekaligus Koordinator Umum Jeriko Center, posko yang dibentuk Jeriko dalam kapasitas sebagai Anggota DPR RI saat dimintai tanggapannya terkait posisi Jeriko sebagai DPP PD, mengaku, siap untuk mendukung dan membesarkan Partai Demokrat sebagai pilihan rakyat. Diakui Ian, Jeriko telah memberi dampak besar terhadap nama besar partai sebagai figur yang memiliki akuntabilitas dan kredibilitas yang berdedikasi.

“Jeriko juga telah instruksikan jajaran sekretariat Jeriko Center untuk aktif terlibat dalam bahu membahu berkerja demi integritas Demokrat yang diwakili sosok Jeriko dalam memenangkan calon kepala daerah di pilkada serentak nanti,” tutur Ian yang juga peraih predikat orator politik terbaik dari Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia.

Ian juga mengaku, saat ini telah ada pihak-pihak yang membangun komunikasi politik dengannya untuk mendorong Jeriko maju Walikota Kupang atau Gubernur. Namun kepastian ada di Jeriko untuk menentukan, meskipun telah mendapat sinyal baik dari Ibas Ketua Bapilu PD agar Jeriko mempertimbangkan maju walikota atau gubernur.

Perlu diketahui, sesuai jadwal pilkada serentak di NTT telah ditetapkan KPU diantaranya Kab. TTU, Belu, Sabu Raijua, Ngada, Manggarai, Manggarai Barat, Sumba Timur dan Sumba Barat. Sedangkan Kab. Malaka masih menunggu informasi lanjutan dari KPU.(*tim)