Kementerian Perindustrian Gelar Bazar Lebaran Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Menteri Perindustrian Saleh Husin melakukan penjualan minyak goreng murah produksi Sinar Mas dengan harga Rp.9000 per liter pada Bazar Lebaran Kementerian Perindustrian, Jakarta, 30 Juni 2015

Menteri Perindustrian Saleh Husin melakukan penjualan minyak goreng murah produksi Sinar Mas dengan harga Rp.9000 per liter pada Bazar Lebaran Kementerian Perindustrian, Jakarta, 30 Juni 2015

Zonalinenews-JAKARTA. Permintaan terhadap barang kebutuhan pokok terus meningkat selama bulan suci Ramadan dan berlanjut hingga lebaran. Ini seiring tingkat konsumsi masyarakat yang melonjak yang perlu diimbangi produksi.

Menyoroti hal itu, Menteri Perindustrian Saleh Husin memastikan industri mampu memproduksi dan mendistribusikan barang-barang kebutuhan masyarakat secara efektif dan efisien.

Dari sisi industri siap memasok dan mendistribusikan secara cukup kebutuhan selama puasa dan Lebaran. Oleh karena itu, masyarakat diminta tidak perlu khawatir dalam menyetok kebutuhan Lebaran,” tegas Menperin Saleh Husin usai membuka Bazar Lebaran di Plasa Pameran Industri Kementerian Perindustrian, Jakarta pada Selasa, 30 Juni 2015.

Soal kenaikan konsumsi, Menperin memperkirakan naik sekitar 30 persen. Sementara, mengenai harga barang, dia menilai kenaikan masih dalam kisaran wajar. “Sudah menjadi hukum pasar bahwa pada saat menjelang puasa dan Lebaran tiba, harga barang-barang konsumsi menjadi naik dikarenakan sisi permintaan yang meningkat,” ungkapnya.

Bazar Lebaran yang diselenggarakan selama empat hari, tanggal 30 Juni – 3 Juli 2015 ini merupakan kerjasama antara empat Direktorat Jenderal dengan Dharma Wanita Persatuan Kementerian Perindustrian. Empat Direktorat Jenderal tersebut yaitu Direktorat Jenderal Industri Agro, Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE), Direktorat Jenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka (IKTA), serta Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menegah.

“Bazar Lebaran ini menyediakan 63 stand gratis, tetapi diikuti sebanyak 78 peserta atau perusahaan yang menjual aneka produk makanan, minuman, kain, baju, busana muslim, perlengkapan rumah tangga, elektronik dan lain-lain,” papar Menperin.

Kegiatan rutin tahunan itu menjadi salah satu bentuk kepedulian Kementerian Perindustrian agar masyarakat dapat dengan mudah memperoleh barang-barang keperluan Lebaran terutama sembako dengan harga terjangkau. “Komoditi yang dijual dengan harga murah tersebut tetap memiliki kualitas yang terjaga,” ujar Menperin.

MINYAK GORENG

Pada kesempatan itu, Menperin didampingi Sekjen Kemenperin Syarif Hidayat, Dirjen Industri Agro Panggah Susanto, Staf Ahli Menperin Sanny Iskandar dan Direktur Sinar Mas APP Suhendra Wiriadinata melakukan penjualan minyak goreng murah kepada masyarakat sebanyak 5.000 liter minyak goreng kemasan dengan harga Rp 9.000 per liter.

“Kami bersama Kementerian Perindustrian berinisiatif untuk menyalurkan minyak goreng dengan harga yang lebih murah, dimana harga minyak goreng di pasaran telah mencapai Rp 15.000 per liter. Kami sangat senang melihat antusias warga dan berharap masyarakat terbantu dan merasakan dampak yang positif dari acara yang kami selenggarakan ini,” ungkap Direktur APP, Suhendra Wiriadinata.

PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk. (SMART) memberikan dukungan terhadap bazar hingga tahun 2015, telah berhasil menyalurkan sekitar 30 juta liter minyak goreng bagi warga masyarakat di berbagai kota. Sepanjang tahun lalu, Sinar Mas telah menggelar bazar di hampir 100 lokasi, dan menyalurkan lebih dari 400 ribu liter minyak goreng kemasan.(*tim)